Langkah Buronan Berakhir

Jasad Cai Chang Pan Ditemukan Tergantung di Gudang Ban Bekas

foto

Ist.

Cai Changpan

JAKARTA, kajakimpilnews.com Setelah 34 hari lamanya polisi akhirnya menghentikan perburuan terhadap Cai Chang Pan, karena diduga terpidana mati itu telah mengeksekusi sendiri di tali gantungan.

Cai Chang Pan, Sabtu (17/10) pagi ditemukan tewas tergantung di sebuah gudang pembakaran ban bekas di kawasan Jasinga, Kabupaten Bogor.

Belum diketahui pasti siapa yang pertama kali menemukan jasad WNA asal China itu. Tapi Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus memastikan bahwa Cai Chang Pan diduga tewas karena gantung diri.

Menurut Yusri, jasad Cai Chang Pan ditemukan pukul 10.30 dalam posisi tergantung di sebuah gudang pembakaran ban yang letaknya masih di area hutan kawasan Jasinga, Kabupaten Bogor.

Yusri belum memberikan keterangan lebih rinci terkait temuan jasad terpidana kasus narkoba itu. Ia menyebut jasad Cai Chang Pan telah dibawa ke Rumah Sakit Polri untuk dilakukan autopsi.

Seperti diberitakan, Cai Chang Pan kabur dari Lapas Tangerang pada 14 September 2020. Ia meloloskan diri melalui lubang sepanjang 30 meter. Lubang itu ia gali mulai dari sel tempat ia ditahan hingga tembus ke gorong-gorong di luaran lapas.

Namun belakangan diketahui kaburnya Cai Chang Pan diduga tak lepas dari bantuan dua oknum petugas lapas, hingga kemudian keduanya ditetapkan sebagai tersangka.

Sejak itulah polisi melakukan pemburuan hingga melibatkan personil Brimob lengkap dengan anjing pelacak. Para petugas mengepung sebuah hutan di kawasan Tenjo, Kabupaten Bogor, yang diyakini buruannya itu bersembunyi di daerah tersebut.

Namun jejak Cai Chang Pan tak juga ditemukan, hingga akhirnya buroban itu Sabtu pagi ditemukan telah mebjadi mayat. Cai Changpan divonis mati oleh Pengadilan Negeri Tangerang pada 19 Juli 2017 karena kasus narkoba.

Terpidana mati ini lantas mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Banten pada 28 September 2017, tapi ditolak. Ia divonis bersalah atas kasus narkoba jenis sabu dengan barang bukti 1.135 bungkus plastik.Dalam putusan pengadilan, total berat sabu tersebut mencapai 135 kilogram.

Editor: Dede Suryana

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Pendemo yang Diamankan di Mapolrestabes Bandung Nambah Jadi 209 Orang
43 Rumah Rusak, 3 Warga Terluka Akibat Gempa Bumi Pangandaran
17 Kecamatan Terancam, 6 Terendam, 3 Jembatan Ambruk, Akses Jalan Terputus
Satgas Sektor 4 Majalaya Bantu Warga Membudidayakan 100 Ayam Petelur
Polsek Ciamis Gelar Operasi Masker