Belasan Ular Kobra Berbisa Ditangkap di Dua Lokasi Berbeda

foto

Belasan ekor ular kobra ditangkap di dua lokasi berbeda.

BANDUNG, KejakimpolNews.com - Dalam sehari, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung. Jawa Barat, berhasil menangkap 13 ekor ular berbisa tinggi di dua lokasi berbeda, Jumat (4/11/2022).

Kedua lokasi penemuan ular tersebut, yakni di PT Wicaksana Overseas Internasional TBK di Jalan Soekarno-Hatta No.853. Kelurahan Cipadung Kidul. Kecamatan Panyileukan. Kota Bandung dan rumah milik Ny.Iva di Jalan BKR. Gg. Mohamad Ramdhan No.70A/97, RT.04. RW.09, Kelurahan Cigereleng, Kecamatan Regol.l, Kota Bandung.

Sebanyak 12 ekor anak ular Kobra Jawa (Naja Sputatrik) ditemukan dalam gudang PT Wicaksana Overseas Internasional TBK. Saksi mata, Ny. Yolanda selaku karyawan gudang mengatakan, sudah sering melihat anak ular berkeliaran di dalam gudang tersebut. 

Ular-ular tersebut ada juga yang keluar dari celah celah lubang samping tembok, bahkan salah seorang karyawan sempat melihat seekor ular Kobra ukuran besar di bagian dalam belakang gudang.

Khawatir takut membahayakan ia segera melaporkan ke Diskar PB Kota Bandung, melalui Emergency Call.022-113. Kepala Seksi (Kasi) Penyelamat atau Rescue, J.Erwin mengatakan, laporan diterima pada pukul.11.00 WIB, segera menurunkan unit Rescue untuk meluncur ke TKP.

Dengan Response Time sepuluh menit anggota Peleton satu ini telah tiba di lokasi kejadian dan langsung melakukan herfing atau pencarian keberadaan ular ke seluruh bagian gudang itu, akhirnya keberadaan ular itu berhasil ditemukan.

"Berkat kesigapan unit Rescue yang telah terlatih itu, sebanyak 12 ekor anak binatang berbisa tinggi dengan panjang 25 Cm tersebut, berhasil dievakuasi dengan menggunakan perlengkapan APD, Snake Hook/Grab, tempat evakuasi, forklift dan senter", ujar J. Erwin.

J.Erwin menjelaskan, anggota peleton satu ini, juga membantu pembongkaran yang dilakukan oleh karyawan pada bagian ruangan pendingin yang sudah terpakai untuk pencarian induk binatang itu, namun tidak ditemukan hanya tumpukan kulit lama, kemungkinan besar induk ular tersebut setelah ganti kulit pergi meninggalkan anaknya.

Sedangkan seekor ular Karos ditemukan dirumah milik Ny.Iva itu, dalam posisi terjepit Lis Plafon rumah. Ny. Iva selaku pemilik rumah mengatakan, bahwa keberadaan ular ditempat tersebut, terlihat sejak dua hari lalu.

Setelah diperhatikan sejak pagi hingga sore hari posisi binatang melata itu masih tetap ditempat itu, karena khawatir ular itu bersarang dirumahnya, ia segera melaporkan ke Diskar PB Kota Bandung, melalui Emergency Call.022-113.

Laporan diterima pada pukul.18.30 WIB hanya dalam waktu satu menit anggota peleton satu sudah tiba di lokasi, dengan mudahnya ular sepanjang 30 Cm itu berhasil di evakuasi dalam tempo tiga menit tepatnya pukul.18.32 WIB penanganan usai. "Alhamdulilah dalam kejadian tersebut, tidak ada korban luka maupun jiwa", papar J. Erwin. **

Editor: Asep Rachmat Hidayat

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Semarakkan Ramadan, Masjid Raya Al Jabbar Gelar Beragam "Amaliah"
Pemkab Bandung Kembali Raih Dua Penghargaan Nasional Bidang Kesehatan
Selamatkan Motor Kliennya, Seorang Wanita Terseret Motor yang Dibawa Kabur Pencuri
4 Santri Pontren Nurul Huda Ciumbuleuit Terbawa Hanyut Sungai Cikapundung, Satu Selamat 3 Masih Dicari
Tegas, Antisipasi Perang Sarung Polsek Cileunyi Bubarkan Langsung Sejumlah Remaja Nongkrong