Api di Bappelitbang Kota Bandung Berhasil Dipadamkan, Seorang Pekerja Diamankan

foto

Foto: Istimewa

BERHASIL DIPADAMKAN. Api yang melahap gedung Bappelitbang Kota Bandung berhasil dipadamkan sekira pukul 12.00.tampak pula seorang pekerja diamankan untuk diminta keterangan.

BANDUNG,KejakimpolNews.com - Akhirnya kobaran api yang melahap gedung Bappelitbang Kota Bandung Senin (7/11/2022) sejak pukul 10.30 WIB ini berhasil dipadamkan sekira pukul 12.00 WIB. Untuk sementara seorang pria pekerja bangunan diamankan. 

Selama hampir 1,5 jam petugas Dinas Pemadam Kebakaran Penanggulangan Bencana (Diskar PB) mematikan api yang membuat para pegawai Pemkot Bandung di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana no. 2 Bandung ini ketakutan. Maklum api dan asap membubung tinggi ke angkasa.

Seorang petugas bangunan yang mengenakan rompi dan topi hitam diamankan ke Mapolrestabes Bandung, juga turut disita selang sepertinya alat las. Ketika wartawan menanyakan siapa yg diamankan, seorang petugas diduga polisi menyatakan, "Bukan (tersangka) kita akan mengorek keterangannya," Kata petugas.

Diduga kuat pria itu tengah bekerja di gedung tersebut, dan mengetahui asal mula api. Apalagi di tempat bekerja banyak barang mudah terbakar, di antaranya atap ijuk.

Untuk memadamkan api, sebanyak 16 armada Diskar PB diterjunkan. Didatangkan juga lima mobil tangki air berukuran 5.000 liter ke depan Plaza Balai Kota Bandung.

"Sekarang ini kami sedang melaksanakan pendinginan supaya semua titik api bisa betul-betul sempurna padam," tutur Kepala Diskar PB Kota Bandung Gungun Sumaryana, Senin (7/11/2022).

Seperti diketahui, kebakaran terjadi sejak pukul 10.30 WIB. Tim pemadam dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) pun datang dan mulai melakukan pemadaman sejak pukul 10.50 WIB.

Akibat kebakaran, para pegawai yang berkantor di Balai Kota Bandung nampak berhamburan keluar dan menyaksikan kebakaran dari sisi kanan dan kiri bangunan.

Sementara itu Kepala Diskominfo Kota Bandung, Yayan A. Brilyana kepada wartawan mengungkapkan, gedung ini untuk sementara diperbaiki dulu. Sedangkan Bappelitbang akan dipindahkan ke Tamansari ke bangunan bekas rumah dinas Ketua DPRD Kota Bandung.

Yayan menyebutkan banyak barang-barang dinas tidak terselamatkan. Umumnya barang berat. Saat api muncul lalu terdengar bunyi letusan, semua pegawai langsung keluar. Korban tidak ada, hanya dokumen. APAR (alat pemadam api ringan) ada berupa manual yang sudah digunakan di awal," ungkapnya.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, Wali Kota Bandung telah menginstruksikan melalui Bagian Umum untuk mewaspadai dan selalu mengecek instalasi listrik secara berkala.**

Editor: Asep Rachmat Hidayat

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Tunggu Keputusan, PT CKJT Sebut Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 Sangat Siap Dilintasi
Gegara Listrik Bray Pret Rumah Nenek Rumsiah Ludes Dimangsa Api
Kebakaran Hebat di Pasar Induk Caringin, 36 Lapak Ludes Diamuk Api
Duh...! Jalan Penghubung Sumedang-Garut di Cisitu Amblas
Nia Purnakania, "DPRD Jabar Dorong Terus Agar TPPAS Legoknangka Nagreg Segera Difungsikan"