Disapu Puting Beliung Atap 76 Rumah Warga Samarang Garut Porak Poranda

foto

Cang Anwar

PUTING BELIUNG. Warga Desa Cinta Rakyat dan Desa Samarang Garut, berhamburan keluar rumah karena rumah mereka disapu angin puting beliung.

GARUT, KejakimpolNews.com - Hujan lebat yang disertai tiupan angin puting beliung Rabu (9 /11/22) petang, memporak-porandakan 76 atap rumah milik warga dua desa di Kecamatan Samarang Garut.

"Tiupan angin berserta hujan lebat itu berlangsung cukup cepat sekira 15 menitan," tutur sejumlah warga Kampung Jati, Desa Cintarakyat kepada petugas Satuan Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut.

Selain 43 unit rumah di Desa Cinta Rakyat, rumah milik warga yang mengalami rusak akibat tertiup angin puting beliung tersebut, juga terjadi di Desa Samarang. Di sini tercatat ada 32 rumah yang rusak berat.

Dilaporkan, dari peristiwa bencana alam ini tidak ada korban jiwa, baik yang meninggal maupun luka - luka. Sedangkan besaran kerugian material yang diderita oleh masyarakat yang terdapak bencana alam tersebut hingga kini masih dicatat.

Musibah akibat hujan lebat dan tiupan angin puting beliung tersebut berlangsung saat warga di Dua desa itu tengah berada di rumahnya masing - masing. Mereka mendadak ketakutan ketika tiba - tiba dalam keadaan hujan lebat itu terdengar suara gemuruh.

Ternyata suara itu bersumber dari tiupan angin puting beliung yang dalam tempo cepat langsung menerjang atap-atap genting rumah warga, bahkan sempat terlihat atap genting berterbangan hingga terjatuh ke jalan desa dan pekarangan.

"Kami sangat ketakutan ketika ada terjangan angin tersebut," ujar beberapa warga Desa Samarang yang dikutio dari petugas Satlak BPBD Desa Cinta Rakyat.

Mereka yang atap rumahnya porak-poranda, spontan berhamburan keluar karena takut rumahnya ambruk. Peristiwa bencana alam itu seketika itu juga langsung dilaporkan kepada Forkopimcam Samarang.** (Cang Anwar)

Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Pengemudi Ojol Geruduk Ojek Pangkalan Pasirimpun, Jalan AH Nasution Macet Parah
Lagi dan Lagi Amuk Si Jago Merah Terjadi di Garut
Dua Pria Warga Banjar Pemburu Biawak Ditemukan Jasadnya Mengambang di Bendungan Manganti
Aksi Heroik Tim Resque Damkar Selamatkan Dua Anak Balita yang Terkunci di Mobil
Patah Kemudi dan Mesin Mati, 99 Penumpang KM Raksasa Dievakuasi Tim SAR Gabungan