Innalillahi... Yana Kermit Penyanyi Sekaligus Pengarang Lagu Pop Sunda Tutup Usia

foto

Foto: Istimewa

SAAT DIRAWAT. Yana Kermit saat masih dirawat di RSHS Bandung ditengok Rya Fitria, penyanyi Pop Sunda didampingi Reza, anak Yana Kermit

BANDUNGKejakimpolNews.com - Innalilahi wainaillaihi rojiun. Yana Kermit, penyanyi sekaligus pengarang lagu Pop Sunda tutup usia, Senin (14/11/2022). Yana Kermit asal Cigending, Unjungberung, Kota Bandung yang sempat dirawat berhari-hari di RSHS Bandung ini tutup usia di rumahnya Jalan Golf 1 Blok 2 no 30, Kelurahan Cisaranten Wetan, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung, pukul 14.12.

Wafatnya Yana Kermit dibenarkan oleh adik iparnya. "Leres, Kang Yana tadi siang tabuh 14.12 pupus di bumina jalan golf," kata salah seorang adik ipar Yana Kermit kepada KejakimpolNews.com, Senin (14/11/2022) sore

Sementara Agus Little dan Ceceng Lie, kedua sahabat Yana Kermiit membenarkan juga wafatnya Kermit tersebut. "Allah sudah memanggilnya, semoga Yana Kermit husnul khatimah dan keluarga yang ditinggalkan sabar dan tawakal,"ucap Agus Little.

Diketahui, Yana Kermit, pengarang lagu, sekaligus penyanyi pop Sunda yang sempat  selama 4 hari kritis dan sudah siuman masih terbaring lemas di lantai 2 ruangan Kana no 5 RSHS Bandung.

Beberapa hari sebelumnya, kondisinya semakin membaik dan mulai bisa berkomunikasi, Yana Kermit pun diperbolehkan pulang dan sudah tiga hari di rumahnya.

Saat dirawat di RSHS, sejumlah pihak di antaranya dari jajaran pengurus Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (Pappri) Jabar dan beberapa musisi dan penyanyi, termasuk Tya Fitria penyanyi sudah ngalongok Yana Kermit.

"Ya, betul mereka yang datang ke RSHS Bandung baik dari jajaran pengurus Pappri Jabar, sejumlah musisi dan penyanyi, termasuk penyanyi pop Sunda Rya Fitria telah "ngalongok" Yana Kermit," kata Agus Little dan Ceceng Lie kerabat Yana Kermit kepada KejakimpolNews.com, Sabtu (5/11/2022).

Menurut Agus Little mereka yang telah datang ke RSHS, selain memberikan suport kapada keluarga Yana Kermit dan memberikan doa khusus kepada Yana Kermit agar segera sembuh, pihak Pappri Jabar pun memberikan donasi.

"Donasi dari Pappri Jabar untuk Yana Kermit Rp 7 juta lebih telah diberikan Jumat (4/11/2022) kepada keluarga Yana Kermit di RSHS. Donasi diberikan Wawan Setiawan dan Deni Religius, mewakili Pappri Jabar," terang Agus.

Menurut Agus, ia selaku kerabat Yana Kermit, sekaligus mewakili keluarganya berterima kasih kepada semua pihak atas suport dan doanya. Kita berharap saja, Yana Kermit berangsur membaik dan kembali sehat seperti sediakala sehingga bisa eksis lagi di dunia olah vokal di Jabar," harap Agus.

Saat itu Yana Kermit di RSHS, meski sudah siuman dan sudah bisa melihat, namun belum bisa diajak berkomunikasi. "Memang, Yana Kermit sudah siuman, tapi belum bisa diajak komunikasi dan masih terbaring lemas," kata Agus. Hal senada dikatakan Hesty, istri Yana Kermit dan Reza anaknya.

Hesti istrinya juga saat itu sempat bicara, "Mohon doanya saja pun lanceuk Yana Kermit enggal damang. Hatur nuhun doana kasadayana kanggo pun lanceuk," ucap Hesti.

Kini Yana Kermit dengan nama asli Yana Kustia asal Cigending, Ujungberung, Kota Bandung ini telah tiada. Namanya lumayan kesohor di Bandung dan sekitarnya dengan karya lagu Sunda di antaranya "Ojeg", "Bogoh Kasaha", Curug Cinulang dan "Hayang Ceurik".

Banyak orang kehilangan, di antaranya Agus Litlle rekan Yana Kermit yang kerap mengiringi Yana Kermit jika manggung. Kepada KejakimpolNews.com Agus mengatakan, Yana Kermit mengalami gangguan di otak dan lambung. **

Editor: Yayan Sofyan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Pria Pemancing Ditemukan Tewas di Danau Kedaton
Hati-Hati, Jalan Utama Maribaya-Lembang Masih Tertutup Material Longsoran
Heboh, Monyet-Monyet Turun dari Gunung Manglayang, Ini Kata Lurah Cipadung
Baru 5 dari 10 Mobil dan 24 Korban Dikeluarkan dari Timbunan Tanah di Cugenang, Sisanya Masih Terkubur
Tragis, Tukang Tambal Ban Tewas Seketika Tersengat Listrik