Alhamdulillah, November Ini Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 Pasti Difungsikan

foto

Yayan Sofyan

DIFUNGSIKAN. Tol Cisumdawu seksi 2 Pamulihan-Sumedang yang melewati terowongan saat difungsikan sementara lebaran lalu saat ini masih ditutup meski sudah di ULF

CILEUNYI, KejakimpolNews.com - Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi 2 (Pamulihan-Sumedang) dan seksi 3 (Sumedang-Cimalaka) dipastikan segera difungsikan.

Demikian dikatakan Direktur Teknik PT Cipta Karya Jakarta Tol (CKJT), Bagus Meiidi, selaku pengelola Tol Cisumdawu, sekaligus penerima manfaat Tol Cisumdawu ketika dikonfirmasi terkait pernyataan Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jabar Bambang Tirtayuliono jika Tol Cisumdawu seksi 2 dan 3 akan dibuka November ini.

"Betul, bulan November ini Tol Cisumdawu seksi 2 dan 3 akan segera difungsikan atau dibuka. Hanya, untuk tanggal kepastiannya belum ditentukan," kata Bagus Meidi kepada KejakimpolNews.com, Minggu (19/11/2022).

Menurut Bagus Meidi, pembukaan Tol Cisumdawu seksi 2 dan 3 tersebut setelah tim yang telah melakukan Uji Laik Fungsi (ULF) mengirimkan rekomendasi ke dinas terkait dan ninilai layak dilintasi.

"Pada intinya, saat ini Tol Cisumdawu seksi 2 dan 3 sudah nyaris 100 persen siap dilalui meski ada sedikit pembenahan. Insya Allah seksi 2 dan 3 siap dilintasi," tandas Bagus.

Sebelum seksi 2 dan 3 difungsikan kata Bagus, ada sejumlah persiapan dan tahapan yang dilakukan. Di antaranya koordinasi PT CKJT dan Satuan Kerja (Satker) seksi 2 dan 3 menyangkut kesiapan, sosialisasi dan koordinasi dengan dinas terkait.

"Pembukaan seksi 2 dan 3 akan digratiskan sepekan atau lebih sambil menunggu penentuan proses tarif kedua seksi tersebut oleh pihak terkait,"ungkap Bagus.

Dikatakan Bagus, pihaknya belum bisa memperkirakan berapa kira-kira tarif tol seksi 2 dan 3 tersebut.

"Hanya perlu diingat, saat pembukaan nanti hanya seksi 2 dan 3 yang digratiskan selama sepekan atau lebih. Untuk seksi 1 (Cileunyi-Pamulihan) yang telah difungsikan tetap harus bayar," tutup Bagus.

Sementara itu sejumlah pengguna jalan warga Cileunyi dan Sumedang menyambut positif jika benar-benar tol Cisumdawu seksi 2 dan 3 bulan November ini dibuka.

"Alhamdulillah jika seksi 2 dan 3 bulan ini dibuka. Pasalnya, selain jelang perayaan Natal dan tahun baru 2023 yang diperkirakan volume kendaraan meningkat, bisa mengurangi beban kawasan Cadas Pangeran yang saat ini rawan longsor dan pohon tumbang," kata Solihin (56) warga Cileunyi yang setiap hari bolak-balik Cileunyi-Sumedang.**

Editor: Yayan Sofyan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Bentrok Antarpelajar SMK di Sumedang, 3 Luka Parah Dicelurit 3 Pelaku Ditangkap Polisi
129 Korban Gempa Cianjur Dirawat di 9 RS Kota Bandung
BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Santunan 253 Juta Untuk Ahli Waris
Meledaknya Pipa Air Pembangkit Listrik PLTMH Cirompang Garut Akibat Pergeseran Tanah
Rian Asal Margaasih dan Dadang Warga Batujajar yang Tenggelam di Citarum Masih Belum Ditemukan