Cadas Pangeran Jadi Pertimbangan

"Hade Pisan" Jika November Ini Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 Difungsikan

foto

Yayan Sofyan

TOL CISUNDAWU. Seksi 2 dan 3 telah siap difungsikan.

CILEUNYIKejakimpolNews.com- Banyak orang menyambut positif jika rencana pembukaan atau difungsikannya Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi 2 (Pamulihan-Sumedang) dan seksi 3 (Sumedang-Cimalaka) bulan November ini terealisasi seperti kabar yang tersiar sebelumnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jabar Bambang Tirtayuliono menyatakan, Tol Cisumdawu seksi 2 dan 3 akan dibuka November ini setelah di-Uji Laik Fungsi (ULF) dan hasilnya dianggap vlayak dilalui.

Banyak pihak menyambut positif dengan berbagai pertimbangan. Di antaranya, jelang perayaan Natal dan tahun baru 2023 yang diperkirakan volume kendaraan meningkat, dan yang paling utama pertimbangan kawasan Cadas Pangeran.

"Saya yang tiap hari bolak-balik Cileunyi-Sumedang mengemudikan mobil menyambut positif jika bulan November ini tol Seksi 2 dan 3 dibuka. Tapi hingga saat ini belum ada kabar kepastian jika bulan ini seksi 2 dan 3 dibuka," kata Atep Mulyana (45), warga Cileunyi, seorang PNS yang berkantor di Sumedang kepada KejakimpolNews.com, Rabu (23/11/2022).

Atep menyambut positif adanya berita segera dibukanya Tol Cisamdawu Seksi 2 dan 3. Pertimbangan utama kondisi kawasan Cadas Pangeran saat ini.

"Diketahui 'kan belum lama ini kawasan Cadas Pangeran diterjang longsor batu-batuan dan 2 kali pohon tumbang. Saya pun jika lewat Cadas Pangeran apalagi diguyur hujan jadi hariwang," ucap Atep.

Solusinya, kata Atep, ya segera fungsikan Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 jika sudah di ULF dan layak. "Ini untuk meminimalisasi hal-hal tak diinginkan jika ada bencana, juga untuk mengurangi beban jalan kawasan Cadas Pangeran,"ujar Atep.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Sumedang AKP Kiki Hartaki ketika dimintai komentarnya mengatakan, pihaknya mendukung penuh jika bulan November ini Tol Cisumdawu seksi 2 dan 3 dibuka.

"Meski Tol Cisumdawu itu kewenangan dinas terkait namun kita mendukung penuh. Jika Seksi 2 dan 3 dibuka, pengguna jalan 'kan punya pilihan akses jalan. Hingga saat ini kita belum mendapat kabar jika November ini seksi 2 dan 3 dibuka," ucap Kiki.

Sedangkan Direktur Teknik PT Cipta Karya Jakarta Tol (CKJT), Bagus Meiidi, selaku pengelola Tol Cisumdawu, sekaligus penerima manfaat Tol Cisumdawu ketika dikonfirmasi mengatakan, ia pun belum memperoleh kabar lanjutan kepastian jika bulan ini Tol Cisumdawu seksi 2 dan 3 dibuka.

"Berharap saja segera ada kabar pasti jika bulan ini Tol Cisumdawu seksi 2 dan 3 dibuka. Diketahui saja, tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 pasca di ULF oleh tim dinilai layak dan PT CKJT sudah siap," kata Bagus.

Sebelumnya Bagus Meidi mengatakan, pembukaan Tol Cisumdawu seksi seksi 2 dan 3 tersebut setelah tim yang telah melakukan ULF mengirimkan rekomendasi ke dinas terkait dan ninilai layak dilintasi.

"Pada intinya, saat ini Tol Cisumdawu seksi 2 dan 3 sudah nyaris 100 persen siap dilalui meski ada sedikit pembenahan. Insya Allah seksi 2 dan 3 siap dilintasi,"tandas Bagus.**

Editor: Yayan Sofyan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Diresmikan, Tiga Provinsi Baru di Papua
Bocah Warga Ujungberung Hanyut Terbawa Arus Sungai Neglasari
Kereta Cepat Jakarta-Bandung Meluncur di Stasiun Tegalluar, Ridwan Kamil pun Sumringah
Tanggul Jebol di Kompleks Bumi Orange Cimekar Cileunyi Dipasangi Karung Pasir
Innalillahi... Yana Kermit Penyanyi Sekaligus Pengarang Lagu Pop Sunda Tutup Usia