Di Tengah Hujan Deras 4 Rumah Rusak Tertimpa Pohon Petai

foto

H. Wawan Hermawan, Jr

POHON TUMBANG. Di tengah hujan deras pohon petai tumbang menimpa rumah warga

KUNINGAN, KejakimpolNews.com - Akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kuningan, sebatang pohon petai setinggi 20 meter dan sebatang pohon lainnya tumbang menimpa 3 rumah warga di Desa Ancaran, Kab. Kuningan, tepatnya di Blok Bojong RT 24/05 Desa Ancaran Kecamata Kuningan, Rabu (24/11/2022)

Peristiwa yang berlangsung pukul 19.00 WIB itu menyebabka 4 unit rumah masing-masing milik Konaah (60) dan Intan (65) mengalami kerusakan paling parah 35% terutama bagian atapnya, plapon dan genting berjatuhan. Dua lagi rumah Saadah/Komarudin dan rumah Wahyu, rusak bagian atap dan plafon.

Kepala Desa Ancaran, Mugni menjelaskan, sejak pukul 16.00 WIB hingga malam terjadi hujan deras melanda wilayah desanya. Edi (45) salah satu warganya, melaporkan ada pohon petai tumbang menimpa tiga unit rumah warga.

Informasi itu langsung dilaporkan ke UPT Damkar Satpol PP pada pukul 19.00 WIB. Sebanyak 9 personil Damkar menggunakan satu unit Randis Damkar meluncur ke TKP pohon tumbang.

Selain menimpa 4 rumah ternyata pohon Petai itu menimpa kabel listrik tegangan tinggi, sehingga perlu penanganan pemadaman listrik di lokasi kejadian.

Sementara itu, di lokasi nampak anggota Polsek Kuningan, Babinsa Ancaran, dan petugas PLN serta warga sekitarnya. Penanganan pohon tumbang itupun cukup lama, sekitar 6 jam hingga pukul 01.30.

Kepala UPT Damkar Kuningan, Mh. Khadafi Mufti, M.Si. mengakui penanganan pohon tumbang tersebut cukup lama, memakan waktu sekitar 6 jam. "Masalahnya lokasi sangat sempit dan pohon yang tumbang cukup besar, sehingga harus ditangani hati-hati agar tidak membahayakan petugas," kata Khadafi.

Kerugian material dari ketiga rumah korban, berupa bahan bangunan untuk memperbaiki rumah dengan nominal Rp5 Juta lebih. Mereka berharap ada uluran tangan dari pemerintah desa setempat maupun warga yang peduli. (H.WawanJr)

Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Tinggal 14 Orang Korban Gempa Cianjur yang Masih Terkubur
Rektor IPDN Laka Lantas di Tol Cisumdawu, Mobilnya Tabrak Separator Hingga Terbalik
Giliran Wacana Pembangunan Lingkar Cileunyi Mengemuka Saat Riki Ganesa Reses
Tenggelam di Citarum, Dadang Ditemukan Meninggal, Pencarian Rian Dihentikan
1 Lagi Jenazah Ditemukan Tim SAR Gabungan