Videonya Viral di Medsos

Heboh, Monyet-Monyet Turun dari Gunung Manglayang, Ini Kata Lurah Cipadung

foto

Tangkapan layar/Netizen.

PENAMPAKAN MONYET. Video yang viral di medsos tentang keberadaan 4 monyet ekor panjang turun ke perumahan warga Kel. Cipadung, Kec.Cibiru, Kota Bandung

BANDUNG, KejakimpolNews.com -Heboh, monyet-monyet turun dari Gunung Manglayang hingga saat ini masih diperbincangan warga Kelurahan Cipadung dan Kelurahan Palasari, Kecamatan Cibiru Kota Bandung dan sekitarnya.

Keberadaan empat ekor monyet ekor panjang ini videonya masih viral di media sosial (medsos). Hingga saat ini warga di kedua kelurahan tersebut muncul beragam komentar.

Ada yang beranggapan monyet-monyet itu monyet "kajajaden", monyet yang sengaja dilepas atau kabur dari kandangnya dari salah seorang warga yang memeliharanya.

Ada pula sejumlah warga di kedua kelurahan tersebut menilai monyet-monyet tersebut turun dari Gunung Manglayang karena kelaparan. Termasuk ada yang menilai jika monyet-monyet tersebut turun gunung menandakan akan terjadi bencana alam.

Lurah Cipadung Lukman Efendi membenarkan. "Memang benar, keberadaan 4 monyet ekor panjang tersebut hingga saat ini masih diperbincangkan warga Kelurahan Cipadung dan Palasari. Berbagai tanggapan muncul hingga ada yang menilai monyet-monyet tersebut tari Gunung Manglayang," kata Lukman Efendi, Lurah Cipadung kepada KejakimpolNews.com, Minggu (27/11/2022).

Menurut Lukman yang juga warga RW 17 Kelurahan Palasari ini, meski ia tak melihat langsung keberadaan keempat monyet tersebut, sejumlah warga sempat melaporkan ke Kantor Kelurahan Cipadung.

Sesuai video yang viral dan laporan warga, monyet-monyet tersebut terlihat berada di Kompleks Dwi Papuri RW 15, Kelurahan Cipadung dan di RW 17 Kelurahan Palasari Kamis dan Jumat (17-18/2022).

"Namun katanya monyet tersebut selanjutnya berada di Antapani dan Babakansari, Kiaracondong," terang Lukman.

Terkait keberadaan monyet monyet tersebut, kata Lukman, pihaknya enggan berspekulasi mengapa monyet-monyet tersebut berada di Cipadung dan daerah lainnya.

"Biarlah peristiwa ini ditangani dinas terkait dan para pakar. Yang pasti, saya sudah lapor kepada dinas terkait," tutup Lukman.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Gun Gun Sumaryana, menduga kawanan monyet di wilayah Cipadung, Kecamatan Cibiru turun dari Gunung Manglayang.

"Ya, mungkin juga monyet-monyet tersebut turun dari Gunung Manglayang. Nanti saya mau cek ke teman-teman di rescue untuk memastikan hal ini," kata Gun Gun Sabtu (26/11/2022).

DiungkapkanGun Gun, kawanan monyet yang berada di wilayah Cipadung, Kiaracondong dan Antapani adalah hewan yang sama. Sebab dalam laporan dari medi sosial, kawanan monyet itu sama berjumlah 4 ekor.

"Rupanya monyet-monyet tersebut masih monyet yang sama. Tidak bisa kita tangkap yang akhirnya berpindah dan mungkin saja dari Cipadung, Kiaracondong dan daerah lainnya," terang Gun Gun.

Pihaknya kata Gun Gun kesulitan mengamankan kawanan monyet itu. Pasalnya, monyet tersebut liar dan sangat agresif saat akan diamankan.

"Waktu tim rescue datang ke lokasi, monyet-monyet liar dan sangat aktif dan agresif,"ucapnya .

Pihak Diskar PB lanjut Gun Gun, telah memakai tembakan bius untuk melumpuhkan monyet-monyet tersebut, namun hasilnya nihil.

"Kami berencana mengerahkan timnya untuk menelusuri habitat awal monyet-monyet itu berada. Apakah monyet-monyet tersebut benar dari hutan di Gunung Manglayang atau dari dari daerah lain masih diteliti,"tutupnya.**

Editor: Yayan Sofyan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Puluhan Telur Ular Ditemukan Warga Limbangan di Belakang Rumah
Dinkes Jabar Tetapkan Kasus Chikbul Sebagai Darurat Medis
Pembangunan Huntap untuk Korban Gempa Cianjur Dikebut
Viral di Medsos Siswi SMP di Cikancung Nyaris Diperkosa Sopir Angkot, Ternyata...
Rumah Hasan di Cigedug Ludes Dilahap Kobaran Api