Hati-Hati, Jalan Utama Maribaya-Lembang Masih Tertutup Material Longsoran

foto

Foto: Istimewa

TERPUTUS. Jalur jalan dari arah Lembang ke Maribaya dan sebaliknya masih tertutup akibat longsor.

LEMBANG, KejakimpolNews.com - Longsor yang terjadi di Jalan Maribaya, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), yang terjadi Minggu (27/11/2022) pagi hingga pukul 18.00 proses pembersihan material longsoran masih terus dilakukan.

Dampaknya, mulai siang hingga jelang malam, akses jalan menuju sejumlah tempat wisata di kawasan Maribaya Lembang tertutup.

Aipda Ajat petugas pelayanan Polsek Lembang ketika dikonfirmasi membenarkan jika bencana longsor tersebut masih dalam penanganan aparat dinas terkait.

"Masih ada material tanah baik di bahu jalan dan atau pun di tebing yang rawan longsor. Tim penanggulangan masih berada di lokasi ternyata ada retakan tanah sekitar Jalan Maribaya Lembang," kata Ajat kepada KejakimpolNews.com melalui telepon, Minggu (27/11/2022) malam.

Ajat mengimbau pengendara untuk sementara menghindari jalan Maribaya Cibodas hingga penanganan selesai.

Sementara itu Kabid Humas Polda Jabar Kombes. Pol.Ibrahim Tompo juga membenarkan terjadi longsor di Jalan Maribaya-Lembang. "Penanganan hingga pukul 18.00 masih terus dilakukan,"ucap Ibrahim Tompo.

Longsoran di ruas Jalan Maribaya di kawasan wisata Lembang KBB terputus karena material longsor dari tebing di sepanjang jalan saat terjadi longsor, Minggu (27/11/2022) sekitar pukul 10.00.

Jalur tersebut akses utama dari kawasan Lembang menuju ke objek wisata dan daerah permukiman serta sentra penghasil sayuran yang tersebar di sejumlah desa, salah satunya Cibodas.

Akses itu juga menjadi rute alternatif dari Lembang menuju Kabupaten Bandung melalui jalur perkebunan teh dan kebun kina.

"Ruas ini merupakan jalur antar desa dan tempat wisata. Sejak pagi ini jalur terhambat dan terputus," kata sejumlah warga Desa Cibodas kepada wartawan.

Pascalongsor, aparat kepolisian langsung menutup akses tersebut untuk dilaksanakan evakuasi material longsoran yang menutupi jalan.

"Sejak pagi aparat gabungan Polsek Lembang, TNI, BPBD KBB langsung menuju lokasi longsor segera menurunkan alat berat untuk mengevakuasi material longsor yang menutup akses jalan,"kata sejumlah anggota Polsek.**

Editor: Yayan Sofyan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Kapolsek Tomo Polres Sumedang Meninggal Terkena Serangan Jantung
Lagi, Kebakaran Terjadi di Garut Satu Unit Rumah Panggung Hangus
Aditya Purnawarman Gantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman
SKHPN, layanan PNBP di BNN Kota Bandung
Antisipasi Inflasi, Gubernur Ridwan Kamil Tinjau Pasar Pasalaran Cirebon