Tunggu Keputusan, PT CKJT Sebut Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 Sangat Siap Dilintasi

foto

Yayan Sofyan

TOL Cisundawu Seksi 2 akan melewati dua terowongan ini.

CILEUNYI, KejakimpolNews.com - Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 2 (Pamulihan-Sumedang) dan Seksi 3 (Sumedang-Cimalaka) sudah sangat siap dilintasi atau difungsikan.

Namun perintah atau putusan dari yang berwenang hingga menjelang akhir November ini, belum juga dikeluarkan. Padahal sebelumnya sudah  hampir pasti katanya November ini dibuka.

Saat itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jabar Bambang Tirtayuliono menyatakan, Tol Cisumdawu seksi 2 dan 3 akan dibuka November ini setelah di-Uji Laik Fungsi (ULF) dan hasilnya dianggap layak dilalui.

Hal ini dibenarkan juga oleh Direktur PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Bagus Meidi. Terkait kepastian apakah bulan November ini seksi 2 dan 3 dipastikan dibuka atau molor.

Namun ketika dikonfirmasi ulang  Bagus Meidi mengatakan, sampai November yang tinggal 2 hari lagi ini belum ada kabar kepastiannya.

"Memang sebelumnya bulan November in Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 dipastikan dibuka. Tapi hingga saat ini kita masih menunggu kabar lanjutan dari dinas terkait," kata Bagus kepada KejakimpolNews.com, Selasa (29/11/2022) pagi.

Menurut Bagus, pihak PT CKJT selaku pengelola sekaligus penerima manfaat Tol Cisumdawu pada intinya kapan pun seksi 2 dan 3 siap dilintasi dan siap dibuka.

"Jika Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 akan dibuka, kapan pun sangat siap dilintasi dan layak. Hanya, hingga saat ini, seksi 2 dan 3 yang sebelumnya sudah dipastikan November ini dibuka belum ada kabar lanjutan," tutup Bagus.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Sumedang AKP Kiki Hartaki membenarkan jika pihaknya hingga saat ini belum menerima kabar jika hingga akhir November ini Tol Cisumdawu seksi 2 dan 3 akan dibuka.

"Ya kita sangat mendukung penuh dibukanya Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3. Ini baik bagi pengguna jalan 'kan ada pilihan dan bisa mengurangi kepadatan lalin di Cadas Pangeran. Kita tunggu saja kabar dari dinas terkait kepastian dibukanya," ucap Kiki.

Sebelumnya juga banyak orang menyambut positif jika rencana pembukaan atau difungsikannya Tol Cisumdawu seksi 2 (Pamulihan-Sumedang) dan seksi 3 (Sumedang-Cimalaka) bulan November ini terealisasi seperti kabar yang tersiar sebelumnya.

Mereka umumnya menyambut positif dengan berbagai pertimbangan. Di antaranya, jelang perayaan Natal dan tahun baru 2023 yang diperkirakan volume kendaraan meningkat, dan yang paling utama pertimbangan kawasan Cadas Pangeran.

"Saya yang tiap hari bolak-balik Cileunyi-Sumedang mengemudikan mobil menyambut positif jika bulan November ini tol Seksi 2 dan 3 dibuka. Tapi hingga saat ini belum ada kabar kepastian jika bulan ini seksi 2 dan 3 dibuka," kata Atep Mulyana (45), warga Cileunyi, seorang PNS yang berkantor di Sumedang kepada KejakimpolNews.com, Rabu (23/11/2022).

Atep menyambut positif adanya berita segera dibukanya Tol Cisamdawu Seksi 2 dan 3. Pertimbangan utama kondisi kawasan Cadas Pangeran saat ini.

"Diketahui 'kan belum lama ini kawasan Cadas Pangeran diterjang longsor batu-batuan dan 2 kali pohon tumbang. Saya pun jika lewat Cadas Pangeran apalagi diguyur hujan jadi hariwang," ucap Atep.

Solusinya, kata Atep, ya segera fungsikan Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 jika sudah di ULF dan layak. "Ini untuk meminimalisasi hal-hal tak diinginkan jika ada bencana, juga untuk mengurangi beban jalan kawasan Cadas Pangeran,"ujar Atep.**

Editor: Yayan Sofyan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Lupa Matikan Obat Nyamuk 2 Unit Rumah Ludes Terbakar
CKJT Sebut Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 Mulai 9 Januari 2023 Berbayar, Hoaks
Jalan di Kompleks Taruna Parahyangan di-Hotmix dengan Dana Swadaya Murni
Bupati Kuningan Ingatkan Warganya Sambut Pergantian Tahun Secara Sederhana
Puting Beliung Mengamuk di Desa Cikancung Bandung Tumbangkan Sejumlah Pohon dan Merusak 15 Rumah