Meledaknya Pipa Air Pembangkit Listrik PLTMH Cirompang Garut Akibat Pergeseran Tanah

foto

Foto: Istimewa

AIR Menyembur keras dari pipa yang bocor menyebabkan kerusakan infrastruktur sekitarnya.

GARUT, KejakimpolNews.com - Meledaknya pipa air pembangkit listrik Tenaga Mikrohidro ( PLTMH) di Kampung Rancateureup Desa Bungbulang Garut, dikarenakan adanya pergeseran tanah di seputar lokasi yang diakibatkan oleh guyuran hujan terus menerus.

Demikian dikatakan Camat Bungbulang, Budi Sihabudin, Selasa (29/12/23) malam melalui pesan WA. Sedangkan peristiwa meledaknya pipa air itu terjadi pada Senin sekira pukul. 14.00 WIB.

PLTMH itu sendiri merupakan proyek Pemprov. Jawa Barat, yakni sebagai pemasok listrik untuk 2 kecamatan di Kabupaten Garut. 

Camat menjelaskan, setelah pihaknya terjun langsung ke lokasi bersama Kapolsek Bungbulang, ternyata diketahui ada pergeseran tanah. Dan itu sudah berlangsung sejak pekan lalu. Akibatnya kondisi pipa menjadi miring.

"Akhirnya pipa tidak bisa menahan aliran air yang cukup deras dari kali Cirompang, maka terjadilah ledakan disusul dengan semburan air," ujar Camat.

Kejadian itu, sempat membuat panik masyarakat yang ada disekitar lokasi. Namun berkat adanya aparat Forkopimcam yang terjun langsung ke lokasi begitu mendapat laporan dari masyarakat, kepanikan warga dapat diatasi.

"Kondisi dan situasi saat itu juga terkendali. Dan kejadian itu tidak berdampak kerusakan kepada rumah atau ladang milik masyarakat yang ada disekitar lokasi. Begitu pula korban jiwa, yang mengalami luka luka sama sekali tidak ada termasuk kerugian materi," tambah camat.

Soal pipa yang bocor sudah ditangani oleh pihak perusahaan. Di antaranya menutup saluran air dari penampungan. Semburan air itu berlangsung sekira 60 menitan.(CangAnwar)**

Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Pria Mau Bunuh Diri dari Puncak Menara BTS Jln. Soekarno Hatta Digagalkan Tim Rescue Diskar PB
Bukan Hanya Lusy, Pemotor Lain yang Menerobos ke Jalan Tol di Cileunyi Kerap Terjadi
Konsumen Perumahan Pramestha Mountain City Lembang Demo, Uang Disetor Rumah Tak Jua Dibangun
Penjabat Gubernur Bey Machmudin Apresiasi Jurnalis Santri IJTI
Operasi Ketupat Lodaya 2024 Lodaya Libatkan 27.162 Personel Gabungan dan Disiapkan 341 Pospam