Patah Kemudi dan Mesin Mati, 99 Penumpang KM Raksasa Dievakuasi Tim SAR Gabungan

foto

Foto: Istimewa

PATAH KEMUDI. Inilah kapal motor "Raksasa" yang alami patah kemudi dan mati mesin di Pulau Rambut Kepulauan Seribu.

JAKARTA, KejakimpolNews.com.- Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi KM Raksasa yang mengalami patah kemudi dan mati mesin di sekitar perairan Pulau Rambut, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta Utara pada Minggu (1/1/2023).

Kepala Kantor SAR Jakarta, Fazzli menyebut, sebanyak 99 orang penumpang yang berada di dalam kapal motor nahas tersebut berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat.

Dari laporan yang diterima Kantor SAR Jakarta, Kapal KM Raksasa dengan rute Pulau Panggang - Pulau Pramuka - Dermaga Kali Adem tersebut, sempat terombang-ambing di perairan Pulau Rambut pada Minggu (1/1/2023) pukul 12.00 WIB.

Menurut Fazzli, kapal motor tersebut diinformasikan mengalami patah kemudi dan mati mesin akibat cuaca ekstrem dan hantaman ombak besar di sekitar perairan Pulau Rambut.  

"Kami kerahkan tim rescue dari Dermaga Pantai Mutiara menggunakan RIB (Rigid Inflatable Boat) 03 Jakarta menuju lokasi kejadian untuk evakuasi penumpang kapal tersebut," tegas Fazzli.

Ia mengatakan, kapal motor dengan seluruh penumpangnya berhasil dievakuasi dengan cara ditowing menggunakan KM Rindu Alam. "Alhamdulillah, seluruh penumpang kapal KM Raksasa dalam keadaan selamat dan dibawa menuju Pulau Untung Jawa untuk mendapatkan penanganan selanjutnya," imbuhnya.

Adapun unsur SAR yang terlibat dalam operasi SAR ini yaitu Kantor SAR Jakarta, Pos TNI AL Pulau Untung Jawa, dan Dishub Pulau Untung Jawa. **

Editor: Dede Suryana

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Kasus DBD Melonjak, Bey Machmudin: Jabar Masif Lakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk
Bey Bertekad Akhiri Siklus Banjir Tahunan di Cirebon
Gardu PLN di Jl.Gudang Selatan Terbakar Bikin Panik Warga Sekitar
DP3AKB Provinsi Jabar Ajak Media Terapkan Pedoman Pemberitaan Ramah Anak
3 di Antara 10 Warga yang Tertimbun Longsor Cipongkor KBB Ditemukan