Sewa Rakit Rayakan Tahun Baru

3 Wisatawan Bandung Tenggelam di Situ Cigunung Sukabumi

foto

Foto : SAR.

WISATAWAN TENGGELAM. Tiga orang wisatawan yang tengah menikmati libur tahun baru, malah tenggelam di kawasan wisata Situ Gunung, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi pada Minggu (1/1/2023).

SUKABUMI, Kejakimpolnews.com - Kabar duka datang dari Sukabumi, tiga orang wisatawan yang tengah menikmati libur tahun baru, malah tenggelam di kawasan wisata Situ Gunung, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi pada Minggu (1/1/2023).

Dua korban ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi sudah tidak bernyawa, sedangkan satu korban lolos dari maut. Ia berhasil diselamatkan pengayuh rakit wisata beberapa saat setelah kejadian. Semua korban merupakan warga Bandung yang bekerja di sebuah rumah makan di Sukabumi.

Kepala Kantor SAR Jakarta, Fazzli menyebut, dari informasi yang diterimanya sekelompok wisatawan yang berjumlah 17 orang siang itu sekira pukul 11.00 menyewa rakit yang disediakan di lokasi wisata.

Di tengah perjalanan, menurut Fazzli, seorang wisatawan yang bernama Benthar Kutanagara (28) menceburkan diri ke dalam situ. Ia bermaksud berenang, tapi ditunggu beberapa lama dia malah tidak muncul lagi ke permukaan air.

Melihat hal itu dua rekannya, Nandi (24) dan Elvin (24), kemudian berupaya melakukan penyelamatan. Nahas, karena mereka diduga kurang memiliki kemampuan berenang, keduanya malah ikut kelelep.

Pengayuh rakit wisata, saat itu berusaha memberikan pertolongan, namun hanya satu korban bernama Elvin yang berhasil ia selamatkan. Sedangkan dua korban lainnya lepas dari jangkauannya.

Tim SAR gabungan yang tiba di lokasi kejadian langsung melakukan penyelaman dan penyisiran dengan menggunakan perahu karet, hingga kemudian berhasil menemukan kedua korban dalam kondisi meninggal dunia.

Menurut Fazzli, jasad korban atas nama Nandi ditemukan tim SAR gabungan sekitar pukul 11.15 WIB, sedangkan korban atas nama Benthar Kutanagara ditemukan pada pukul 16.12 WIB. Tim SAR kemudian mengevakuasi semua korban menuju RS Beta Medica Sukabumi.

Fazzli mengungkapkan turut berbelasungkawa atas musibah yang dialami korban. Ia juga mengimbau seluruh wisatawan memperhatikan faktor keselamatan dan kepada pengelola wisata juga agar selalu mengingatkan para wisatawan supaya kejadian tersebut tidak terulang kembali.

Unsur SAR gabungan yang terlibat terdiri dari Pos SAR Sukabumi, Polsek Cisaat, Koramil Cisaat, Polres Kota Sukabumi, BPBD Kab.Sukabumi, IEA Sukabumi, SAR Khatulistiwa, Pramuka Peduli Kab.Sukabumi, Relawan Doa, Sehati Gerak Bersama, dan masyarakat.**

Editor : Dede Suryana

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Unsur Forkopimcam Cileunyi Tarling di Masjid Nurul Huda Cibiruwetan, Ini Kata Kapolsek
Diserang Monyet Liar Kakek Rusli Tewas, Dua Warga Lainnya Luka Parah Terkena Gigitan
Siswa SMP Dibully Teman-Temannya Berakhir Damai, Namun Videonya Masih Beredar di Medsos
Breaking News, PT Kahatex di Jalan Raya Bandung-Garut, Kawasan Rancaekek Dilumat Api
Selamatkan Motor Kliennya, Seorang Wanita Terseret Motor yang Dibawa Kabur Pencuri