Operasi Lilin 2022 Berjalan Lancar, Kendaraan Roda Dua Dominasi Kecelakaan

foto

Foto: Div.Humas Polri.

Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi

JAKARTA, KejakimpolNews.com - Kendaraan bermotor roda dua masih mendominasi kecelakaan selama berlangsungnya Operasi Lilin 2022. Kendati demikian, secara keseluruhan pelaksanaan Operasi Lilin 2022, pengamanan natal 2022 dan tahun baru 2023 berjalan sesuai dengan target : aman dan lancar .

Menurut Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi, selama Operasi Lilin 2022 tidak ada kecelakaan di jalan tol yang menonjol. Hanya saja di jalur arteri cukup banyak peristiwa kecelakaan lalu lintas, yang menjadi sorotan.

Kendaraan bermotor roda dua masih mendominasi kecelakaan ini. Untuk penindakan laka lantas, tilang naik 37 persen, teguran naik 24 persen. "Tetapi, kita upayakan persuasif. Ini dua bulan ini kita pendekatan dengan e-Tilang,”ujarnya.

Jenderal polisi bintang dua ini menjelaskan, dalam kecelakaan yang meningkat ini, yang menonjol adalah kecelakaan tunggal, mungkin karena faktor kelelahan atau karena lain sebagainya. Salah satunya ingin cepat sampai di tempat tujuan,” kata Firman

Sedangkan untuk angka korban meninggal dunia, menurut Firman, mengalami penurunan
dibandingkan Nataru (Natal dan Tahun Baru tahun 2019 (sebelum pandemi COVID-19). Tercatat, jumlah korban meninggal dunia turun 40 persen, luka berat 19 persen dan luka ringan lima persen.

Operasi Lilin 2022 berlangsung mulai Jumat, 23 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023, digelar selama sebelas hari di seluruh wilayah Indonesia.

Editor : Omay Komar

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Jasad ke-5 Korban Longsor Cipongkor Ditemukan, BNPB Siap Relokasi Permukiman Warga
10 Orang Tertimbun Longsor di Cipongkor Bandung Barat, 1 Jasad Ditemukan 9 Korban Masih Dicari
Bukan Hanya Lusy, Pemotor Lain yang Menerobos ke Jalan Tol di Cileunyi Kerap Terjadi
8 Warga Bandung Meninggal Diserang DBD, Warga Diimbau Tingkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
Tawuran Perang Sarung Lagi Ngetren, Tim Patroli Raimas Macan Kumbang 852 Polresta Cirebon Respon Cepat