Normalisasi Sungai Sumber Mas Tingkatkan Pendapatan Masyarakat

  • Taryani
  • Kamis, 12 Januari 2023 | 10:01 WIB
foto

Taryani

NORMALISASI SUNGAI. Camat Kandanghaur Hatta Direja foto bersama saat meninjau normalisasi Sungai Sumber Mas.

INDRAMAYU, KejakimpolNews.com - Normalisasi sungai Sumber Mas diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya petani dan petambak. Soalnya selama ini mata pencaharian warga terganggu oleh masuknya air asin atau air laut ke sawah maupun tambak dampak terjadinya pendangkalan daerah aliran sungai (DAS) Sumber Mas.

Camat Kandanghaur Hatta Direja didampingi Kuwu Desa Ilir dan Babinsa, Rabu (11/1/2023) melakukan monitoring langsung pekerjaan normalisasi aliran sungai di wilayah irigasi Limpung Sumber Mas Desa Ilir, Kec. Kandanghaur. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana proses normalisasi yang sedang dikerjakan.

Camat Kandanghaur Hatta Direja mengatakan, tujuan dari pekerjaan tersebut untuk menormalisasi sungai yang dangkal serta peninggian tanggul. Dengan peninggian tanggul diharapkan air asin dari laut tidak masuk ke sawah, dan lahan pertanian bisa segera diolah oleh para petani.

"Hari ini saya bersama kuwu memonitoring pekerjaan normalisasi terhadap sungai yang dangkal serta peninggian sisi tanggul agar air asin tidak masuk ke sawah," katanya.

Hatta Direja menambahkan, pembiayaan sementara pekerjaan normalisasi sungai di wilayah irigasi Limpung Sumber Mas berasal dari anggaran pemerintah desa dan swadaya. Sedangkan untuk alat berat berasal dari BBWS melalui Dinas PUPR Kabupaten Indramayu.

Camat Hatta berharap, dengan normalisasi sungai ini dapat memaksimalkan areal pertanian dan empang yang dilewati sungai khususnya di wilayah irigasi Limpung Sumber Mas Desa Ilir.

"Harapan kami, dengan adanya kegiatan ini bisa memaksimalkan areal pertanian dan empang di wilayah tersebut," katanya. (Taryani)**

Editor : Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
BPBD Kab. Bandung Evakuasi Pohon Tumbang di Baleendah yang Diterjang Puting Beliung
Kasus DBD di Jabar terus Meningkat, Dinkes Minta Warga Tingkatkan Kewaspadaan dengan 3M Plus
Breaking News, PT Kahatex di Jalan Raya Bandung-Garut, Kawasan Rancaekek Dilumat Api
Kamis Hari Ini Sekda Kota Bandung Ema Sumarna dan Dua Anggota DPRD Diperiksa KPK
Jawa Barat Selangkah Menuju Provinsi Layak Anak