6 Karyawan PT Kahatex Jatinangor Terkapar Mengirup Gas Beracun Limbah, 1 Tewas 5 Kritis

foto

Istimewa

PT Kahatex di Jalan Raya Bandung-Garut, Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang

JATINANGOR, KejakimpolNews.com - Tragis, 6 orang karyawan bagian instalasi pengolahan air limbah (IPAL) PT Kahatex di Jalan Raya Bandung-Garut, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang keracunan gas beracun dari lumpur limbah di bak penampungan pabrik tersebut, Sabtu (13/4/2024).

Peristiwa tragis yang menimpa 6 karyawan bagian ipal tersebut mengakibatkan 1 tewas dan 5 lainnya kini kritis dan dirawat di RS AMC Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Luddy Suteja, Kepala Bagian Umum PT Kahatek ketika dikonfirmasi membenarkan peristiwa yang menimpa 6 karyawannya yang diduga mengirup gas beracun yang berasal dari lumpur limbah.

"Betul, dari laporan yang diterima kejadiannya Sabtu (13/4/2024) hari ini pukul 10.00. Hanya kebetulan saya masih mudik," kata Luddy kepada KejakimpolNews.com, Sabtu (13/4/2024).

Menurut Luddy dari laporan yang diterima, bak penampungan limbah di dalam pabrik PT Kahatek yang sebelumnya airnya telah dikuras dan hanya meninggalkan lumpur mau dibersihkan oleh 6 karyawan bagian IPAL.

"Saat salah seorang turun ke bak penampungan tersebut terjengkang dan lemas diduga menghirup gas beracun yang keluar dari lumpur sisa limbah  Selanjutnya berturut-turut 5 rekannya ketika turun mau menolong bernasib sama, mereka terkapar di bak IPAL," terang Luddy.

Menurut Luddy, akibat kajadian tersebut, 1 tewas dan 5 temanya kritis dan segera dilarikan ke RS AMC Cileunyi. Ke-6 orang karyawan bagian Ipal tersebut yang diduga keracunan dari lumpur bak penampungan air limbah mau bekerja membersihkan bak penampungan air limbah

"Kita masih menunggu laporan kronologis detailnya. Hanya, kasusnya sudah ditangani pengelola PT Kahatek dan Polsek Jatinangor," tutup Luddy.**

Author: Yayan Sofyan
Editor: Yayan Sofyan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Banyak Jemaah Haji Indonesia Menahan Pipis di Pesawat
MK Tolak Permohonan Paslon 01 dan 03, Muluskan Langkah Prabowo-Gibran Menjadi Penguasa
Eh, Pak Cucu dan Pak Agus 'kan Bukan Lagi Camat Cileunyi serta Camat Cilengkrang?
Kabupaten Garut Raih Penghargaan Terbaik I Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi Jawa Barat
Pemotor Kerap Kesasar ke Jalur Tol Cisumdawu dan Purbaleunyi, Ini Respon Kasat Lantas Polresta Bandung