10 Kendaraan Tabrakan Beruntun di Tol Cipularang, Sejumlah Korban Terluka

foto

Foto: tangkapan layar/Netizen

Inilah kondisi bus Primajasa yang diduga penyebab tabrakan beruntun libatkan 10 mobil.

CIPULARANG, KejakimpolNews.com - Setidaknya 10 kendaraan berbagai jenis tabrakan beruntun ala karambol di kilometer 86 Tol Cipularang arah Jakarta, Rabu (10/7/2024) sore. Sejumlah orang menderita luka berat dan ringan.

Dampak kecelakan beruntun, arus lalu lintas kendaraan yang mengarah dari Bandung ke Jakarta mengalami kemacetan beberapa jam lamanya. Dan polisi serta Jasa Marga segera turun tangan untuk segera mengevakuasi kendaraan untuk melancarkan arus lalu lintas.

Tampak sejumlah mobil kondisinya ringsek, bahkan sebuah truk pengangkut sayuran muatannya tumpah dan berserekan di bahu jalan. Ada sejumlah mobil lainnya penyok berat.  

Menurut saksi mata dan juga dari rekaman video yang beredar di media sosial, terlihat kendaraan bus Primajasa yang mengalami kecelakaan beruntun mengalami kerusakan parah, ada juga kendaraan lainnya yang terguling di jalur arah Jakarta.

Kanit Gakkum Ditlantas Polda Jabar,  AKBP Lalu Wira Satriana membenarkan insiden tersebut. Lalu Wira Satriana menambahkan, ia akan segera melakukan peninjauan ke lokasi kejadian.

Ihwal evakuasi bangkai mobil, Manager Operasional Jasa Marga Agus Pramono juga menyatakan para petugas di lapangan telah melakukan proses evakuasi. Agus belum dapat merinci kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun. Sebab katanya, masih proses evakuasi.

Menurut keterangan, insiden ini diduga berawal dari bus angkutan umum yang melaju dari arah Bandung menuju Jakarta. Di tempat kejadian perkara (TKP), rupanya sang sopir bus terlambat menurunkan laju kendaraannya sehingga menabrak kendaraan di depannya.

Tak ayal lagi kendaraan di belakangnya juga menabrak, begitu selanjutnya, hingga tak kurang dari 10 mobil berbagai jenis terlibat kecelakaan beruntun tersebut. Akibatnya, sejumlah kendaraan rusak berat dan sebagian lagi rusak ringan.

Proses evakuasi baru berhasil sekira pukul 16.47 WIB. Dua lajur telah berhasil dibuka dan lalu lintas mulai normal dan dapat dilalui kembali, tetapi proses evakuasi masih terus berjalan karena banyaknya kendaraan yang jadi korban.

Tak ada korban jiwa akibat kecelakaan ini kecuali yang luka berat dan ringan. Semua korban telah dilarikan ke Rumah Sakit Abdul Rojak Sadang. Kini insiden tabrakan beruntun ini ditangani Petugas Patroli Jalan Raya Induk Zebra 006 dan Polres Purwakarta.

"Kejadian ini masih dalam penyelidikan. Kita belum bisa menyimpulkan, hanya saja korban luka sebanyak tiga orang dari bus dan pengemudi truk dan dibawa ke Rumah Sakit Abdul Rajak Purwakarta," ujar Kasat Lantas Polres Purwakarta, AKP. Dadang kepada wartawan.**

Author: Enjang Sb
Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Jasad Pria Tergantung di Bawah Flyover Cimindi Jadi Tontonan Masyarakat
DKM Al Muhajirin Kompleks Taruna Parahyangan Ujungberung Sembelih 18 Ekor Sapi Kurban
331 Lapak PKL dan Bangunan Liar di Jalur Puncak Diratakan Pedagang pun Melawan
Sekda Herman Suryatman Dorong LO Bekerja Cepat dan Progresif
Mikrobus Elf Trayek Garut-Bandung Terguling di Bundaran Nagrog Cicalengka, 4 Luka