Api Mengamuk di Tagogapu Padalarang, Tiga Unit Rumah Warga Ludes Jadi Abu

foto

Asep Rachmat Hidayat

Petugas Diskar KBB berjibaku memadamkan api Kampung Neglajaya. Kabupaten Bandung Barat.

BANDUNG BARAT, KejakimpolNews.com - Diduga akibat arus pendek listrik atau konsleting, tiga unit rumah di Kampung Neglajaya RT.02/RW.012, Desa Tagogapu, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Jawa Barat, ludes dilahap si jago merah, Rabu (21/8/2024).

Ketiga unit rumah tersebut masing masing milik Usman, Ica Solihin dan Kanaripandi itu dihuni oleh 5 Kepala Keluarga (KK) dengan 15 jiwa.

Saksi mata, Usman selaku pemilik rumah mengatakan, saat itu sedang berada di dalam rumah tiba tiba melihat api muncul dari kamar belakang.

Spontan Usman berteriak minta tolong, warga setempat yang berada di pemukiman padat penduduk setelah mendengar teriakan minta tolong langsung berdatangan memberikan pertolongan memadamkan api dengan alat seadanya, namun gagal karena api dengan cepat langsung membesar dan salah seorang langsung melaporkan ke Diskar KBB.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan (Diskar) KBB, Siti Aminah Anshoriah mengatakan, setelah laporan diterima pada pukul 07:00 WIB, anak buahnya segera meluncur ke tempat kejadian perkara (TKP), berselang 15 menit kemudian sudah tiba di lokasi kebakaran.

Pasukan biru ini langsung melakukan tindakan pemadaman. Dalam tempo satu jam tepatnya pukul 08:00 WIB api berhasil dijinakkan.

Siti menjelaskan, meski api berhasil dipadamkan, tetap harus dilakukan pendinginan untuk memastikan bahwa titik api benar benar telah padam.

Objek yang terbakar hanya 3 unit rumah seluas 126 meter dari areal keseluruhannya 168 meter.

"Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, hanya penghuni saat kejadian berhamburan keluar menyelamatkan diri," papar Siti Aminah Anshoriah.**

Author: Asep Rachmat Hidayat
Editor: Asep Rachmat Hidayat

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Hari Jadi ke -79 Jawa Barat, Bey Machmudin Serukan Pesan Jabar Menyala untuk Indonesia Maju
301 Orang Diamankan Buntut Demo Tolak Revisi UU Pilkada di DPR RI
Polresta Bandung, PMII dan HMI, Deklarasikan Kondusifitas Pilkada di Cinunuk
Bey Machmudin: Hukum dan Aturan Harus Diterapkan Efektif Demi Tercapai Pilkada Aman, Jujur, Adil, dan Demokratis
Andi Mahasiswa Unibba Baleeendah Terancam Buta Matanya Kena Lemparan Batu Saat Demo di DPRD Jabar