Cuaca Ekstrem di Bandung Bikin Pohon Bertumbangan dan Tanah Longsor

  • Gaiskha
  • Kamis, 12 September 2024 | 11:11 WIB
foto

Foto: Diskar PB Kota Bandung.

Pohon pelindung tumbang di salah satu pinggir jalan di Kora Bandung tampak tengah dibersihkan petugas Diskar PB.

BANDUNG, KejakimpolNews.com - Beberapa hari ke belakang, cuaca ekstrem sedang menerpa beberapa wilayah Indonesia, termasuk di Kota Bandung. Intensitas hujan tinggi berdampak pada gejala kebencanaan seperti banjir atau pohon tumbang.

Rabu 11 September kemarin, ada tanah longsor menimoa Kelurahan Pasanggrahan Kecamatan Ujungberung, akibatnya pesawahan di dua RW tertimbun. Material tanah juga menutup jalan.

Masih Rabu malam, empat pohon tumbang, di antaranya di Jalan A Yani dekat Polsek Cibeunying Kidul, dan Jalan Terusan Jakarta.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, Gun Gun Sumaryana, mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi bencana yang terjadi.

Ia mengingatkan para pengguna kendaraan bermotor untuk tetap waspada. Salah-satunya untuk menghindari parkir kendaraan dibawah pohon.

Hal tersebut untuk mengantisipasi jika terjadi pohon tumbang sehingga kendaraan tetap aman terhindar dari kecelakaan.

Ia pun mengajak masyarakat untuk aktif melaporkan jika terjadi bencana ke nomor darurat Emergency Call 113.

"Kami mengimbau kepada warga yang membutuhkan bantuan jika ada bencana hubungi nomor darurat Emergency Call 113 atau menghubungi darurat emergency call Bandung Siaga 112, tanpa tidak dipungut biaya," .

Sebelumnya, telah terjadi pohon di Jalan Ahmad Yani tumbang pada Rabu 11 September 2024 sekitar pukul 05.10 WIB. Jenis yang tumbang yaiti pohon mahoni, dengan tinggi 10 meter dan diameter 50 centimeter. Tak ada korban jiwa, namun menyebabkan akses jalan terhalang.

"Sedangkan pohon tumbang yang di Jalan Terusan Jakarta terjadi pada pukul 05.00 WIB, Penanganan selesai dilakukan pada pukul 06.05 WIB," katanya.

Bagi warga Bandung yang menemukan kejadian kegawatdaruratan dapat segera menghubungi darurat emergency call Bandung Siaga 112 atau dapat menghubungi Diskar PB Kota Bandung di 022.113 - 022.7207113.**

Author: Gaiskha
Eitor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
15 Peserta Lolos Tahapan Seleksi Calon Anggota Komisi Informasi Provinsi Jabar
Api Mengamuk di Tagogapu Padalarang, Tiga Unit Rumah Warga Ludes Jadi Abu
Rifiski Bocah 3 Tahun yang Tenggelam di Situ Cileunca, 24 Jam Baru Ditemukan Jasadnya
Cecep Firdaus: Teladani Nabi Muhammad SAW Awali dari Lingkungan Keluarga dan Tetangga
Sekda Herman Suryatman Tinjau Uji Coba Program Makan Siang Bergizi Siswa SD di Sumedang