Digoyang Gempa, Sejumlah Bangunan di Kabupaten Bandung Rusak

foto

Foto: Kolase/tangkapan layar/BPBD Kab,Bandung.

Sejumlah bangunan antara lain bangunan SMP dan rumah warga rusak berat digoyang gempa Rabu 18 siang tadi.

KERTASARI, KejakimpolNews.com - Sejumlah bangunan rumah, sekolah dan masjid di Kabupaten Bandung alami keruusakan berat dan ringan. Namun belum terdeteksi semuanya.

Yang baru tercatat menimpa warga Kampung Neglasari RT.02 dan RT.03/RW.07 Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Sejumlah rumah rusak berat dan ringanakibat di goyang gempa bumi, Rabu (18/9/2024) pagi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bandung Uka Suska Puji Utama, mengungkapkan sumber gempa bumi tersebut berdasarkan rilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Gempa Mag:5.0, 18-Sep-2024 09:41:07WIB, Lok:7.22LS, 107.70BT (21 km BaratDaya KAB-GARUT-JABAR), Kedlmn:10 Km #BMKG," kata Uka Suska.

"Dampak gempa bumi tersebut, sejumlah rumah mengalami kerusakan di Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Data lengkap saya sedang menuju Kertasari," kata
Camat Kertasari Heri Mulyadi ketika dikonfirmasi membenarkan banyak rumah maupun bangunan yang rusak dampak gempa bumi tersebut.

"Banyak bangunan yang rusak," kata Heri.

Berdasarkan foto dan video yang beredar di media sosial yang dibagikan oleh seseorang memperlihatkan, bangunan dua lantai maupun bangunan lainnya SMP Muhammadyah di Kampung Neglasari RT 03/RW 07 Desa Cibeureum mengalami kerusakan.

Kerusakan terlihat pada bagian atap bangunan, dan tembok terkelupas. Selain itu sejumlah bangunan rumah warga mengalami kerusakan, baik pada bagian atap gentingnya maupun dinding bangunan rumah.

Termasuk bangunan masjid di Kampung Neglasari RT 02/RW 07 juga mengalami kerusakan pada bagian atap gentingnya.

Sementara itu, Camat Pacet Asep Susanto menjelaskan bangunan aula Puskesmas Panca di Desa Nagrak Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung mengalami retak.

"Kerusakan dampak gempa bumi masih diinventarisir," katanya.**

Author: Yayan Sofyan
Editor: Yayan Sofyan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Bey Machmudin Raih Penghargaan Apresiasi Kinerja Penjabat Kepala Daerah Tahun 2024
Hari Kesatuan Gerak PKK 2024, Bey: Refleksi Peran Strategis PKK dalam Pembangunan Masyarakat
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Pastikan Putusan MK Berlaku untuk Pendaftaran Pilkada
Berapa Honor Anggota KPPS pada Pilkada Serentak 2024?, Ini Besaran
Persib Sedang "Tidak Baik" Tapi Bojan Janjikan Tampil Maksimal Lawan Port FC