Sidang Digelar 26 Januari

Kurnia-Usman Gugat KPU-Bawaslu Kab.Bandung dan Paslon Dadang-Sahrul ke MK

foto

Yayan Sofyan

KETUA KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya.

BANDUNG, KejakimpolNews.com.-  Pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Bandung Hj. Kurnia Agustina-Usman Sayogi akhirnya benar-benar tak puas atas hasil Pilkada yang baru berlalu. Paslon ini menggugat KPU dan Bawaslu Kabupaten Bandung dan juga nantinya akan terkait dengan kemenangan pasangan Dadang Supriatna (DS)-Sahrul Gunawan. Gugatan telah didaftar ke Mahkamah Konstitusi(MK)  dan segera disidangkan.

Sidang gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Pilkada Bandung ini dijadwalkan akan berlangsung Selasa 26 Januari 2021 di Gdeung MK Jakarta. Adanya gugatan ini dibenarkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung, Agus Baroya ketika dikonfirmasi Minggu (24/01/2021).

"Pada intinya. kami KPU sudah siap menghadapi sidang tersebut," tandas Agus Baroya. Selain KPU Kabupaten Bandung yang jadi termohon dalam gugatan itu, juga Bawaslu Kabupaten Bandung sebagai termohon.

"Benar yang digugat ke MK itu KPU dan Bawaslu Kabupaten (termohon) sementara Paslon Bupati/Wkl.Bupati Bandung nomor urut 3 Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan atau Bupati dan wakil Bupati Bandung terplih adalah pihak terkait," kata Agus tapi dia tidak menjelaskan metari gugatan yang akan dilayangkan paslon Kurnia Agustina-Usman Sayogi.

Santai

Sementara itu Dadang Supriatna atau akrab diupanggil Kang DS, Bupati Bandung terpilih beberapa kali mengatakan, pihaknya tetap santai. Dia tidak mempersalahkan siapapun juga dan mempersilakan siapapun juga jika akan gugatan PHP Desember lalu itu. Pihaknya kata Kang DS, mengalir saja karena yang digugat juga KPU dan Bawaslu Kabupaten Bandung, hanya paslon "Bedas" pihak yang terkait.

"Untuk urusan gugatan PHP, kubu Bedas sudah ada yang mengurusnya. Hanya saya sangat berharap pihak MK terkait gugatan PHP ini, bisa memutuskan seadil adilnya, apalagi perolehan suara Bedas cukup meyakinkan dengan raihan 56 persen lebih,"kata Kang DS beberapa waktu lalu saat bersilaturakhmi dengan para awak media di rumahnya Jl Sapan, Desa Tegalluar, Kec. Bojongsoang, Kabupaten Bandung beberapa waktu lalu.

Diketahui, gugatan PHP Pilkada Kab Bandung diregistrasi oleh MK. Gugatan dilayangkan oleh kubu paslon Kurnia Agustina-Usman Sayogi. Pada dokumen Akta Registrasi Perkara Konstitusi Nomor 46/PAN.MK/ARPK/01/2021 menyebutkan bahwa pada Senin, 18 Januari 2021 pukul 10.00 WIB, MK telah meregistrasi perkara yang diajukan kubu paslon no 1 Nia-Usman tersebut dengan nomor perkara 46/PHP.BUP-XIX/2021.

KPU Kabupaten Bandung sebelumnya telah menetapkan hasil rekapitulasi suara Pilkada Kabupaten Bandung. Dimana paslon nomor urut 3 Dadang Supriatna- Sahrul Gunawan menjadi paslon dengan perolehan tertinggi. Sementara paslon no urut 1 Nia-Usman berada di urutan kedua dan diikuti paslon no urut 3 Yena Masoem-Atep di urutan tiga.**

Editor: Yayan Sofyan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Baligho Hari Anti Korupsi Sedunia Milik Kejari Tangsel Dicoret 'HOAX'
Kantor Desa Cinunuk Disterilkan dan Ditutup Sementara
Korban Tenggelam di Pantai Cikaso Garut Selatan itu Calon Pilot
Ketua Komnas PA Jenguk Pengungsi Korban Longsor di Rusun Rancaekek
Warga Tangsel Mulai Waswas dengan Curah Hujan Tinggi