Pemkot Tangsel Bangun RLC 19 Target Rampung Bulan Depan

foto

Rizky Morello

PEMKOT Tangsel sedang membangun Rumah Lawan Covid-19 dengan target bulan depan selesai.

TANGSEL,KejakimpolNews.com,- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) membangun Rumah Lawan Covid 19 (RLC19) zona II guna menanggulangi penyebaran Covid 19 di atas lahan 6.000 M2 dengan konsep bangunan glamping atau tenda. Koordinator RLC 19, Suhara Manullang menyebutkan, pembangunannya sudah menyentuh angka 40%.

"Ini karena kelihatan beberapa klaster glamping sudah terbentuk fondasinya. Jadi saya lihat ini setiap klaster glamping, satu sumber air itu sudah selesai, kemudian toilet sistem kontainer," kata Suhara, Minggu (31/1/2021).

Menurut Suhara, area zons II akan ada 4 klaster masing-masing 2 klaster wanita dan 2 klaster pria. Satu tenda bisa menampung 10 orang. Fasiitasnya tidak jauh berbeda dengan zona I seperti mesin cuci, AC, ruang santai dan lainnya.

Suhara mengatakan, satu tenda 10 pasien, 160 kapasitas. Tetap ada ruang privasi dan ada sekatnya. Dilengkapi pula dengan AC standing, ada mesin cuci, jemuran, ruang santai. Sama seperti zona I, tegasnya. Ia menyatakan, untuk pelayanan kesehatan akan ada penambahan tenaga medis secara bertahap.

"Kami minta setengahnya dulu. Karena selama ini ada 8 dokter kami minta 4 dulu. Office boy yang utama. Security bertahaplah," tuturnya. Suhara mengemukakan pula, pembangunan RLC II ditargetkan rampung Februari 2021 dan diharapkan mampu menangani yang terpapar Covid 19 berjenjang.

"Tetapi dari Dinas Bangunan diperkirakan rampung 6 Februari. Cuma itu juga tergantung kondisi alam. Mudah-mudahan cepat. Karena ini untuk antisipasi ledakan kasus. Kebetulan pas Desembet 2020 ada lonjakan dan karena itu penanganannya berjenjang, " tuturnya pula.

Jadi penanganan OTG dengan gejala ringan, katanya, ditampung di RLC dengan 300 tempat tidur. Untuk gejala sedang jika di RS penuh dan RLC tidak bisa nanti RS Pakulonan yang memiliki 90 tempa tidur."Kita berharap jangan sampai ada yang terpuruk, " ujar Suhara.

Editor H. Eddy D

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Kapolri Minta Kadensus 88 Dalami Teror di Mabes Polri
Api Mengamuk di Kafe & Resto Chinook Jln, LLRE Martadinata Bandung
Kang DS Berharap Wartawan Sampaikan Informasi Akurat
Wagub Pastikan Pertamina Bakal Ganti Rugi Rumah Warga yang Rusak
Hendak Mancing Sampan Terbalik Dani Tenggelam di Sungai Citarum