Banjir di Karawang

17 Kecamatan Dikepung Banjir 11 Ribu Rumah Terendam

foto

Foto: SAR

BANJIR di beberapa daerah kecamatan di Kabupaten Karawang membuat repot petuas SAR harus mengevakuasi ribuan orang ke tempat yang lebih aman.

KARAWANG, KejakimpolNews.com.- Lebih dari 11.000 rumah terendam dan lebih 8.600 jiwa terpaksa mengungsi akibat banjir yang mengepung 17 wilayah kecamatan di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Banjir dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi dan luapan beberapa air sungai pada Minggu (7/2/2021), pukul 07.00 WIB.

Mengacu data dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Karawang pada Selasa (9/2), pukul 08.00 WIB mencatat banjir masih menggenangi beberapa wilayah dengan ketinggian antara 10 hingga 150 cm.  Ke-17 kecamatan terdampak yaitu Kecamatan Cilamaya Wetan, Rengasdenglok, Telukjambe Barat, Karawang Barat, Kotabaru, Jatisari, Cikampek, Tirtamulya, Telukjambe Timur, Karawang Timur, Banyusari, Cilamaya Kulon, Batujaya, Cilebar, Pakisjaya, Pangkalan, dan Klari.

Dari belasan kecamatan tersebut, 12.650 KK atau 37.474 jiwa terdampak banjir. Sedangkan warga yang mengungsi sejumlah 3.625 KK atau 8.648 jiwa.   Banjir juga mengakibatkan kerugian material berupa 11.044 unit rumah terendam, sekita 450 hektar sawah terdampak, 2 unit rumah rusak berat, dan 9 unit rumah rusak sedang.

BPBD Kabupaten Karawang bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti TNI, Polri, dinas terkait, sukarelawan dan masyarakat untuk melakukan upaya penanganan darurat. Kabupaten Karawang termasuk wilayah dengan potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi.

Berdasarkan analisis InaRISK, sebanyak 30 kecamatan dengan luas area 146.394 hektar berada pada tingkat bahaya tersebut.  Wilayah kecamatan terdampak masih berpotensi hujan ringan bahkan sedang pada Rabu (10/2). Masyarakat dapat memantau prakiraan cuaca melalui aplikasi Info BMKG untuk mengetahui prakiraan cuaca hingga tingkat kecamatan. Informasi ini dapat bermanfaat untuk kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bahaya, khususnya banjir.**

Editor: Dede Suryana

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Tegas, Antisipasi Perang Sarung Polsek Cileunyi Bubarkan Langsung Sejumlah Remaja Nongkrong
Kuota Ritase Habis, Sudah 4 Hari Sampah Kab. Bandung Tak Bisa Dibuang ke TPAS Sarimukti
9 Unit Rumah Kontrakan di jalan Cikutra Ludes Terbakar Saat Ditinggal Mudik Penghuninya
Indonesia Kian Perkasa, Permalukan Vietnam di Kandangnya dengan Skor Telak 3-0
Lepas Mudik Gratis, Sekda Jabar Harap Masyarakat Bahagia