Ratusan Mobil Tenggelam

Kebanjiran, Jakarta Nyaris Lumpuh

foto

istimewa

BANJIR JAKARTA. ToL di Jln.TB Simatupang terputus total, juga kawasan Kemang Raya tampak bbebrapa mobil dibiarkan dilahap air yang meluap.

JAKARTA, KejakimpolNews.com.- Sesuai prediksi Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan lebah yang ekstrem telah menyebabkan banjir yang begitu parah. Tak hanya menerjang hampir seluruh wilayah DKI Jakarta, juga Tangerang, Bekasi hingga Karawang, tak luput direndam air.

Di Jakarta lebih parah, ketinggaian air tak bahkan sampai 3 meter. Kemang Raya nyaris tenggelam, puluhan mobil tak terselamatkan umumnya terendam air hingga ke atap. Begitu juga dil Cipinang Melayu bahkan ketinggian air hampir satu meter. Juga di beberapa jalan protokol, akibatnya hampir semua jalan di DKI lumpuh total.

Banjir disebabkan beberapa sungai seperti Ciliwung dan Rungkut meluap, dan menerjang beberapa pemukiman. Bahkan di beberapa kawasan, banyak orang tak mampu menyelamatkan perabot rumah tangga dan kendaraannya. Air menenggelamkan puluhan atau mungkin ratusan mobil dan sepeda motor. 

Hingga Sabtu (20/2/2021) sore, baru tercatat llebih 193 Rukun Tetangga (RT) yang tersebar di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat, menjadi kawasan yang terdampak bencana banjir. Data ini diketahui dari informasi yang dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta.

Menurut Plt Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta Sabdo Kurnianto, hari ini Sabtu (20/2/2021), sebanyak 193 RT dari total 30.470 RT yang terdampak. Dengan persentase RT terdampak sebesar 0.633 persen. Akibat banjir itu jumlah pengungsi di seluruh DKI sebanyak 379 KK dengan total 1.380 jiwa.

BPBD DKI merinci sebanyak 29 RW terdampak di Jakarta Selatan, yang terdiri dari 44 RT, dengan ketinggian 40-150 cm, dan terdapat pengungsi sebanyak 7 KK dengan total 19 jiwa.

Di Jakarta Timur terdapat 50 RW terdampak, terdiri dari 143 RT, dengan ketinggian 40-180 cm, dan 372 KK dengan total 1.361 jiwa sedang mengungsi. Di Jakarta Barat ada 4 RW dan 6 RT terdampak.

Tim SAR Gabungan dibantu TNI-Polri terus menyebar di daerah genangan air di hampir seluruh DKI Jakarta. Mereka menolong dan mengevakuasi para korban yang terjebak di dalam rumah. Beberapa jalan protokol lumpuh total, ratusan atau mungkin ribuan kendaraan terendam banjir.**

Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Bupati Tangerang Siapkan Bantuan Buat Korban Banjir
Rapim TNI-Polri Bahas Sinergitas dan Penanganan Covid-19
Tol Cipali KM-122 Palimanan Arah Jakarta Amblas
Polri Tangani Kasus Warga Bakar Bendera Merah Putih
131 KK Korban Longsor Cimanggung Diungsikan ke Rusun Rancaekek