Toko Material di Garut Nyaris Ludes Terbakar

foto

istimewa

TOKO bahan material bangunan di Garut nyaris ludes dimangsa api.

GARUT, KejakimpolNews.com.- Sebuah toko material di Kampung Sukamukti RT 01/RW 01, Desa Situsaeur, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, nyaris ludes dilalap si jago merah, Selasa (23/2) dini hari sekira pukul 01.00.

Berkat kesigapan tim resque Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut dibantu warga, kebakaran dapat segera teratasi hingga  tidak menjalar lebih luas.

Kepala Disdamkar Kabupaten Garut, Aah Anwar Saepulloh menyebut, informasi kebakaran pertama kali diterima via telepon darurat Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut dari seorang warga bernama Yayan (43), sebagai pemilik.

Pertama diketahui, api tiba-tiba menjalar bangunan mililik Yayan, dan semakin membesar. Banyak bahan material yang berada di dalamnya. Oleh karena itu, Yayan segera melaporkannya, namun api telah melahap sebagian atap dari bangunan.

Disdamkar segera mengerahkan 3 unit kendaraan, yaitu 2 unit kendaraan pancar dan 1 unit kendaraan water supply. Sekitar 7 menit (response time), tim regu 1 telah tiba di TKP. Tim pun langsung memadamkan si jago merah. "Proses pemadaman tidak mengalami kendala berarti.

Sesaat sebelum pemadam tiba, masyarakat juga telah berusaha memadamkan api dengan alat seadanya", tutur Aah. Hingga saat ini penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan. Begitu juga dengan nilai kerugian dan aset yang terselamatkan masih dalam proses perhitungan. 

Aah yang didampingi Kepala Bidang Operasi dan Penyelamatan, Wawan Sobarwan mengimbau warga untuk selalu waspada akan bahaya kebakaran. Masyarakat juga harus mengetahui dan memahami apa saja hal yang bisa memicu terjadinya kebakaran. Hal ini, kata Aah, karena kebakaran tidak mengenal tempat dan waktu sehingga menuntut masyarakat untuk terus berhati-hati.

"Kami terus mengimbau kepada masyarakat untuk segera melaporkan jika terjadi kebakaran dengan menghubungi Disdamkar Garut via telepon darurat (0262) 232113", pungkasnya.**

Editor: Dede Suryana

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Pohon Tumbang di Cikijing Ganggu Arus Lalu-lilntas
Jadwal Mobil SIM Keliling di Bandung
Polresta Bandung Bangun 3 Titik Pos Lantas Tangguh
35 Pasien ODGJ dari Garut Dikirim ke RSMM Bogor
Laporkan Jika Ada Polisi Masuk Tempat Hiburan Malam