Hasil Pilkada Serentak 2020

Kang Emil Lantik 5 Kepda, 2 Tertunda di MK

foto

Foto: Humas Pemprov.Jabar

GUBERNUR Jabar Ridwan Kamil melantik 5 pasangan Kepala Daerah Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota di Gedung Merdeka.

BANDUNG.KejakimpolNews.com.- Gubernur Jabar Barat Ridwan Kamil resmi melantik lima pasangan bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali kota baru di wilayah Provinsi Jawa Barat. Mreka yang dilantik adalah hasil Pilkada Serentak 2020 aalu. Pelantikan berlangsung di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Jumat (26/2/2021).

Sementara dua Kepda yang mestinya ikut dilantik bersama hari itu, terpaksa masih tertunda karena digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK) dan hingga kini sidangnya masih berjalan dan belum divonis.

Kang Emil -sapaan Ridwan Kamil-  berharap, para kepala daerah (Kepda) yang dilantik mampu menjaga integritas, profesionalisme dan turun ke masyarakat terlebih di masa pandemi Covid-19.

Kelima pasangan bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali kota yang dilantik Jumat itu adalah, Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran, Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi, Bupati dan Wakil Bupati Indramayu. Bupati dan Wakil Bupati Karawang, dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok.

Lengkapnya sebagai berikut: 

1. Kabupaten Pangandaran: Jeje Wiradinata-Ujang Endin Indrawan.

2. Kabupaten Indramayu: Nina Agustina-Lucky Hakim.

3. Kabupaten Sukabumi: Marwan Hamami-Iyos Sumantri.

4. Karawang: Cellica Nurrachadiana-Aep Syaepuloh.

5. Kota Depok: Mohammad Idris-Imam Budi Hartono.

Sedangkan Kepda yang tertunda pelantikannya karena menunggu putusan MK yakni, Bupati-Wakil Bupati Bandung dan Bupati-Wakil Bupati Tasikmalaya.

"Alhamdulillah kita bersyukur lima Kepda bisa dilantik hari ini Kab. Pangandaran, Kab. Sukabumi, Kab. Indramayu, Kab. Kab. dan Kota Depok semua hadir kecuali Wakil Wali Kota Depok karena sakit sehingga dilantik secara virtual," ujar Kang Emil usai pelantikan.

Menurut Kang Emil, tiga bupati dan wakil bupati terpilih lainnya yaitu Bupati dan Wakil Bupati Cianjur, Bupati dan Wakil Bupati Bandung, dan Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya belum dilantik hari ini. Masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur diketahui baru selesai Mei mendatang.

Sedangkan untuk Kabupaten Bandung dan Kabupaten Tasikmalaya masih menunggu hasil final keputusan MK yang akan keluar pada bulan Maret mendatang. Kang Emil pun menitipkan pesan tiga hal kepada para kepala daerah yang dilantik hari ini. "Saya menitipkan tiga pesan, tolong jaga benteng integritas. Karena banyak kepala daerah berjatuhan karena integritas jebol,"ucapnya.

Kang Emil pun berharap para Kepda melayani masyarakat dengan ikhlas sebab di masa pandemi Covid-19 saat ini banyak masyarakat yang stres karena ekonomi terpuruk. Sehingga pemimpin diharapkan turun ke masyarakat. Bahkan ia pun meminta agar para kepda menjalankan pemerintahan dengan profesional dan luar biasa. Sebab pandemi Covid-19 menuntut kepda beradaptasi untuk membangun daerah dengan teori yang baru dan tidak lama.

"Kepda yang baru ini akan langsung bertugas. Provinsi akan membimbing baik mereka datang ke Bandung atau kita ke daerah memberikan penguatan. Kang Emil mengungkapkan pula, penyelenggaraan pilkada diperkirakan tidak ada hingga 2024 sehingga diharapkan Kepda fokus untuk membangun dan tak lupa saat ini ditengah pandemi covid-19 fokus pula untuk memutus mata rantai covid-19.**

Editor: Yayan Sofyan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Ali Fikri: KPK Belum Resmi Umumkan Aa Umbara Tersangka
Kendaraan Besar dari Arah Jateng Dikeluarkan dari GT Palimanan
Banjir Bandang Kertasari Kab.Bandung Memporak-Porandakan 58 Rumah
Cegah Pemudik Lolos, Jalan Tikus di Kabupaten Bandung Pun Diawasi
Kapolri : Penyerang Mabes Polri 'Lone Wolf'