Pemda Janjikan Perbaikan

Banjir Bandang Kertasari Kab.Bandung Memporak-Porandakan 58 Rumah

foto

Yayan Sofyan

BANJIR KERTASARI. Petugas BPBD Kab. Bandung membersihkan akses jalan yang tertutup tanah lumpur sisa banjir bandang di pemukiman warga Kampung Hamerang Desa Cikembang, Kec Kertasari, Kab. Bandung, Sabtu (3/4/2021).

BANDUNG, KejakimpolNews.com.- Dari asesment Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, akibat banjir bandang di Desa Cikembang dan Tarumajaya Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung, tercatat 58 rumah rusak, 9  diu antaranya rusak berat dan segera perbaiki melalui program perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu).

“Dari 58 rumah rusak, 9 rumah yang dihuni 31 jiwa rusak berat tersebut akan kami perbaiki melalui program rutilahu,” terang Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Bandung Akhmad Djohara, Sabtu (3/4/2021).

Dikatakan Akhmad Djohara, hingga Sabtu 3 April 2021 petugas di lapangan terus melakukan pendataan. Selain 9 rumah alami kerusakan paling parah, ada 32 rumah yang rusak  sedang dihuni 96 jiwa, dan 17 rumah rusak ringan dihuni 51 jiwa.

Menuru arahan Bupati Bandung terpilih Dadang Supriatna, hingga Sabtu 3 April 2021 petang petugas masih memberikan bantuan perbaikan dan membersihkan akses jalan ke pemukiman warga. Selain itu, Pemkab Bandung melalui BPBD menyerahkan bantuan berupa peralatan cangkul, singkup, karung, garpu dan peralatan pembersih untuk penanggulangan bencana banjir bandang tersebut.

"Dampak banjir bandang itu menyisakan endapan lumpur di halaman rumah warga maupun di dalam rumah. Sejumlah unsur dari pemerintah bersama warga gotong royong membersihkan endapan lumpur dan puing-puing yang terbawa banjir bandang tersebut," terangnya.

Djohara  mengungkap, bencana banjir bandang yang melanda Kampung Hamerang Desa Cikembang dan Kampung Pilar Desa Tarumajaya, Kertasari Kabupaten Bandung akibat meluapnya sungai Hamerang di Kampung Silih Asih Desa Cikembang Kecamatan Kertasari.

"Luapan air yang membawa material lumpur menyebabkan banjir bandang,"katanya. Sementara Bupati Bandung terpilih Dadang Supriatna seusai meninjau langsung ke lokasi kejadian memerintakan Plt. Kepala BPBD Kabupaten Bandung Akhmad Djohara, secara maksimal dan hingga tuntas melakukan penanganan.

“Saya instruksikan penanganan khususnya kepada warga terdampak yang rumahnya mengalami kerusakan, sementara untuk pengungsi didirikan tenda, dan distribusi makanan serta kesehatan,” ujar Dadang Supriatna.**

Editor Yayan Sofyan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Izin Haji dari Arab Saudi Belum Turun, Kemenag Siapkan Skenario Pergerakan Jamaah Haji
Bupati Paksa Bubarkan Kerumunan Wisatawan di Tanjung Pasir
Pantai Santolo di Garut Selatan dan Situ Cangkuang Leles Akhirnya Ditutup
Rudi Tewas Tertimbun Longsoran Tanah Saat Bertamu ke Rumah Kakaknya
Terpeleset ke Danau Cipule Seorang Wanita Ditemukan Tewas