Penyebabnya Sedang Dikaji

Usai Disuntik Vaksin yang Kedua, Susan Guru SMA Mendadak Lumpuh

foto

Asep Rahmat Hidayat

SUSAN, Guru SMAN Cisdolok Sukabumi mengalami kelumpuhan dan gangguan penglihatan setelah disuntik vaksinasi Covid-19.

BANDUNG, KejakimpolNews.com.- Entah awalnya punya penyakit atau ada faktor lain. Usai disuntik vaksin Covid-19 tahap dua, Susan Antela (31), seorang guru penduduk Cisolok, Kabupaten Sukabumi, mendadak lumpuh dan penglihatannya terganggu. Kini ia harus menjalani rawat jalan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS).

Susan adalah salah guru SMAN 1, Cisolok, Sukabumi. Sebelumnya ia sempat dirawat inap selama tiga pekan. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat, Dedi Supandi mengatakan, untuk membantu memudahkan Susan menjalani rawat jalan ke RSHS, Disdik akan membantu menyediakan tempat tinggal sementara di Bandung, untuk memudahkan Susan berobat.

"Jarak yang begitu jauh dari Sukabumi ke Bandung itu, sekarang sedang diurus rumah kontrakan untuk Susan dan keluarganya, dipastikan rumah tersebut lokasinya berdekatan dengan RSHS, layak dan nyaman bagi Susan selama masa pemulihan di RSHS", ujar Dedi Supandi, Sabtu (1/5/2021).

Kadisdik menjelaskan, bantuan yang diberikan kepada Susan itu, bukan hanya rumah kontrakan saja, Disdik bersama komunitas pendidikan pun saling bahu membahu menggalang donasi untuk meringankan biaya hidup selama proses rawat jalan, secara bergiliran komonitas pendidikan yang dikoordinir oleh KCD Kabupaten Sukabumi.

Sementara itu, Koordinator Pelayanan Medik RSHS, Zulvayanti membenarkan, bahwa Susan sempat menjalani perawatan di RSHS, dengan keluhan lemah keempat anggota badannya yakni dua tangan dan dua kakinya sulit digerakkan.

Susan masuk rawat inap 1 April 2021 dan keluar 23 April 2021, kondisi pasien saat pulang sudah dalam keadaan perbaikan, bahwa pasien sempat kontrol ke klinik Motorik Neurologi RSHS, saat ini pasien masa penyembuhan.

"Apakah penyebabnya akibat vaksinasi tahap dua, kini masih dalam Kajian Ikatan Pasca Imunisasi (KIPI), nantinya tim akan menentukan.**

Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Aldo Penderita Kanker Tulang Akhirnya Jalani Operasi di RS Santosa
Ditinggal Pergi ke Luar, Saat Pulang Panca Kaget Rumahnya Ludes Jadi Abu
Bupati Garut Tinjau Pos Penyekatan dan Jalur Wisata
Dilantik Jadi Bupati Bandung, Kang DS Tak Ingin Karangan Bunga
Niat Menolong Istri yang Jatuh Ke Septic Tank, Suami dan Tetangga Ikut Tewas