Infrastruktur Siap 100%

KA Garut Harus Beroperasi Sebelum HUT ke-76 Kemerdekaan RI

foto

Dede Suryana

KERETA API dari dan ke jurusan Garut diharapkan mulai beroperasi sebelum HUT ke-76 Kemerdekaan RI tahun 2021 ini. Harapan ini disampaikan Bupati Garut Rudy Gunawan dan PT KAI saat meninjau kesiapan infrastruktur KA di Stasiun Garut.

GARUT, KejakimpolNews.com.- Kereta api (KA) dari Garut dengan tujuan ke beberapa kota termasuk Bandung dan Jakarta, diharapkan segera beroperasi sebelum perayaan HUT Kemerdekaan ke 76 Republik Indonesia. Hal ini bagi Garut sangat berarti, karena jalur KA Garut-Cibatu yang telah lama mati akan membangkitkan perekonomian di daerahnya.

Hal tersebut dikemukakan Bupati Garut, Rudy Gunawan sesaat setelah menerima kunjungan dari jajaran Direksi PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Sabtu (15/5/2021), Kunjungan tersebut sekaligus menginsfeksi kesiapan sarana dan prasarana serta infrastruktur jalur kereta api di Kabupaten Garut.

Dari PT. KAI yang datang berkunjung ke Garit tersebut diwakili Direktur Niaga PT. KAI, Dadan Rudiansyah, Direktur Prasarana, Awan Hermawan, dan Kepala Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung, Iwan Eka Putra.

Mereka diterima langsung Bupati Garut Rudy Gunawan yang didampingi Kapolres Garut, AKBP Adi Benny Cahyono, Dandim 0611 Garut, Letkol CZI Deni Iskandar, dan Kajari Garut, Sugeng Hariadi.

Menanggapi adanya kunjungan pejabat PA KAI, Rudy Gunawan menyambut gembira sebab katanya, kedatangan direksi PT. KAI ini sebagai bukti komitmennya bahwa reaktivasi jalur kereta api ini sebagai bentuk kepada masyarakat Garut untuk memperlancar arus barang dan arus orang.

"Adanya reaktivasi KA Garut dapat memajukan perekonomian," ujar bupati. Harapannya, KA dari dan ke Stasiun Garut ini mampu beroperasi sebelum hari Kemerdekaan Republik Indonesia di bulan Agustus. Kepada warga Garut, bupati berharap agar senantiasa mampu menjaga jalur kereta api yang sebentar lagi akan aktif kembali setelah sekian lama tidak beroperasi.

"Saya berharap sebelum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di bulan Agustus ini sudah bisa dilaksanakan. Dan untuk warga Garut kami minta kembali untuk sepanjang jalur ini menjaga menjaga sekali lagi menjaga untuk bisa suksesnya kereta api Garut ke Bandung, Jakarta ke Yogya dengan konektivitas dan sebagainya," ucapnya.

Menanggapi harapan warga Garut yang dikemukakan bupatinya, Direktur Niaga PT. KAI, Dadan Rudiansyah, menuturkan, Stasiun Garut sudah siap 100 persen untuk dioperasikan dan melayani penumpang. Terkait harapan sebelum HUT Kemerdekaan RI, pihak PT KAI dan Pemkab Garut saat ini sedang mengupayakan agar bisa beroperasi secepatnya.

"Kami lagi berupaya, juga Pak Bupati juga sudah langsung menghadap ke Kementerian Perhubungan melalui Pak Dirjen Perkeretaapian insya Allah kami upayakan secepatnya. Kami juga sebetulnya ingin segera dioperasikan," katanya.

Seperti halnya Bupati Garut, PT KAI juga berharap, dengan adanya reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut ini mampu meningkatkan taraf perekonomian di Kabupaten Garut, terutama nanti di stasiun-stasiun juga bisa menampung dan mengembangkan beberapa UKM-UKM yang tentunya diharapkan bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat," katanya.**

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Hingga 2020, Sebanyak 9,65% Balita di Kota Tangerang Alami Stunting
Duhhh.... Ajengan Muda dari Tasikmalaya Dikeroyok Sejumlah Oknum Anggota Ormas Kepemudaan
Konfirmasi Aktif: Batununggal, Cibeunying Kidul dan Ujungberung Menanjak, Antapani Melorot
Covid-19 Tertinggi di Jabar, Bupati Bandung Segera Lakukan Evaluasi
14 ABK Positif Covid Varian Baru, Kapal dari India Diisolasi