Bpoati Ambil Tindakan

Pantai Pangandaran dan Batukaras Ditutup Setelah Disesaki Wisatawan

foto

Foto: Asep RH/istimewa

MEMBELUDAKNYA wisatawan di pantai Pangandaran hingga videonya viral di medsos, membuat Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata (kiri atas) bertindak dengan menutup objek wisata pantai Pangandaran terutama di Batukaras, Cijulang. Penutupan dilakukan sejak Sabtu untuk waktu yang belum diketahui sampai kapan.

PANGANDARAN, KejakimpolNews, com. Sesaknya pengunjung objek wisata Batukaras Pangandaran, dan bebasnya wisatawan lokal bercengkerama tanpa protokol kesehatan, abai masker dan tak menjaga jarak, membuat kekhawatiran berbagai pihak tersebarnya Covid-19 cukup beralasan bagi Gubernbur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk menutup Pangandaran dari kunjungan wisata.

Dan memang hari ketiga atau Sabtu 15 Mei 2021, pantai Pangandaran teruytama di Batukaras, sempat dipadati wisatawan. Objek wisata pantai Butukaras yang terletak di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, akhirnya ditutup untuk sementara oleh Pemerintah Kabupaten Pangandaran, hal ini sesuai pula dengan instruksi Gubernur Jawa Barat.

Penutupan sementara itu, agar tidak terjadi kerumunan lagi di tengah pandemi Covid-19. Pemerintah Kabupaten Pangandaran menyatakan bahwa objek wisata pantai Batukaras mulai petang kemarin. Sabtu (15/5/2021) ditutup sementara.

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata mengatakan, garis pantai yang menjadi spot berenang di pantai Batukaras relatif pendek atau sempit, sehingga mudah sekali terjadi kepadatan wisatawan.

"Kondisi ini berbeda dengan pantai barat Pangandaraan yang memiliki garis pantai yang cukup panjang sehingga mampu menyebar keramaian dan memungkinkan adanya jarak di antara wisatawan, malam ini saya akan melakukan rapat evaluasi," ujar Jeje Wiradinata.

Sementara itu, Kapolsek Cijulang, AKP. Rahmad Fanani mengatakan, sejak terjadi kepadatan, pihaknya langsung menutup sementara akses masuk ke Batukaras. "Sekitar 700 unit kendaraan yang telah masuk ke pantai Batukaras dan 200 unit kendaraan disuruh putar balik arah," ujar AKP. Rahmad Fanani.

Dijelaskan Kapolsek Cijulang, mengenai terjadi penumpukan wisatawan di spot berenang pantai Batukaras, pihaknya telah melakukan upaya untuk nembubarkan, mengingat para wisatawan sudah kadung menyemut di pantai, maka upaya ini sangat sulit dilakukan disebabkan para pengunjung sudah banyak. **

Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Sejumlah Siswa SD Keracunan Makanan, Bupati Bandung Barat Minta Pengawasan Ditingkatkan
Pemda Prov. Jabar Berkomitmen Perkuat Pembangunan Infrastruktur Air
Kawanan Monyet Tiga Hari Berpetualang di Kec. Ciparay, Kini Tak Tahu Pergi Kemana Lagi?
Awas! DBD Mewabah di Jabar: 41 Meninggal 5.653 Dirawat, Bey Minta Rumah Sakit Siaga
Seorang Wanita Muda Melompat dari Flyover Diduga Mau Bunuh Diri