Pantai Pangandaran dan Batukaras Ditutup, Pedagang Alami Kerugian

foto

Asep Rachmat Hidayat

PEDAGANG. Ny. Nurhayati (38) salah seorang pedagang di pantai Batukaras di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

PANGANDARAN. KejakimpolNews.com .- Dampak ditutupnya pantai Batukaras di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Paangandaran, sejumlah pedagang di tempat tersebut menjerit karena mereka harus menanggung kerugian lantaran dagangannya tidak laku.

Para pedagang juga mempertanyakan mengapa penutupan objek wisata itu dilakukan secara mendadak, dagangan belum laku separuh. Salah seorang pedagang, Ny. Nurhayati (38) menuturkan, sebaiknya jangan ditutup total, kalau mau diatur secara bergiliran dengan ditentukan batasannya.

"Kalau ditutup total begini, anak-anak saya mau makan apa, masa tidak kasihan sama orang kecil seperti saya ini," ujar Nurhayati, Minggu (16/5/2021).

Dikatakannya, setelah menerima kabar objek wisata dibuka, langsung mendatangi grosir meminjam modal berupa dagangan senilai Rp11 juta, dengan perjanjian akan dibayar selesai liburan lebaran, dengan situasi begini jadi repot dan tidak mungkin bisa dikembalikan.

"Kebijakan itu jangan setengah-setengah, kalau tahu gini tidak akan jadi pinjam, seperti tahun lalu sebelum lebaran objek wisata tutup, sehingga saya tidak berani pinjam modal karena untuk bayarnya dari mana kalau tidak ada penghasilan," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum meninjau situasi pantai Batukaras dan pantai Pangandaran mengatakan, sejak awal Pemerintah memang memperbolehkan objek wisata dibuka dengan syarat harus menerapkan protokol kesehatan. Minggu (16/5/2021).

"Namun kenyataannya protokol kesehatan dilanggar, maka Pemerintah terpaksa mengambil langkah tegas menutup total semua objek wisata yang melanggar protol kesehatan.

"Keluhan para usaha ini, akan menjadi bahan pertimbangan Pemerintah dan mudah-mudahan ada kebijaksanaan dari pak Gubernur Jabar, semua keluhan akan saya sampaikan", ujar Uu Ruzhanul Ulum.**

Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Diupayakan 2025 Tuntas Pengentasan Kesenjangan Akses Internet di Jawa Barat
Mau Mudik Gratis? Nih Kemenhub Buka Jadwal dan Pendaftarannya
Pemilu 2024 Banyak Curang, Forum Rakyat Menggugat Cetuskan Dekrit Bandung
Caleg Dapil 3 Kab. Bandung, Riki Ganesa (Golkar) dan Praniko (Gerinda) Tembus 15.000 Lebih Suara
Kedai Mie Jalan Cibadak Diamuk Si Jago Merah