Aduh, Usai Lebaran Muncul Klaster Baru Penularan Covid-19!

foto

istimewa

JURU Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito.

JAKARTA, KejakimpolNews.com- Waduh, usai Idul Fitri tahun 2021 ini kini muncul klaster-klaster baru penularan Covid-19. Berdasarkan pantauan Satgas Penanganan Covid-19, potensi penyebarannya meluas. Di antaranya berasal dari pelaku perjalanan yang positif Covid-19 dari Jakarta di Klaten, Cianjur, Pati, Bogor dan Cilacap.

Lalu, klaster halal bihalal di Jakarta, klaster ibadah tarawih di Banyumas, Pati, Malang dan Banyuwangi.  "Dengan ditemukannya beberapa klaster ini masyarakat diminta berhati-hati, karena potensi klaster keluarga bisa muncul akibat importasi kasus dari luar wilayah kediaman," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito, menjawab pers di Graha BNPB, yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, dikutip KejakimpolNews.com dari laman Setkab, Rabu (26/05/2021).

Ia menegaskan, Pemerintah daerah juga perlu mengoptimalkan peran pos komando (posko) yang memiliki fungsi pengendalian Covid-19 di tingkat komunitas, dan diharapkan dapat lebih bersifat antisipatif dan tepat sasaran.

Posko, katanya, memiliki peran penting dengan melakukan skenario pengendalian sesuai status zonasi tingkat RT masing-masing. Jika RT berstatus zona merah atau memiliki kasus lebih dari 5 rumah, maka mikro lockdown harus diterapkan. Menurut Wiku, upaya yang dilakukan mengawasi ketat warga yang melakukan isolasi mandiri, menemukan suspek, melacak kontak erat serta menutup tempat umum termasuk rumah ibadah, kecuali yang termasuk sektor esensial. 

Selain itu, melarang perkumpulan lebih dari 3 orang dan meniadakan kegiatan sosial serta menetapkan peraturan keluar masuk wilayah maksimum pukul 20.00 WIB waktu setempat. "Masyarakat diharapkan terus mempertahankan kehati-hatian, dengan protokol kesehatan yang ketat," ujar Wiku.** 

Editor : Omay Komar

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Penjabat Gubernur Bey Machmudin Apresiasi Jurnalis Santri IJTI
Di Hadapan Ribuan Jamaah pada Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, Ini Pesan Bupati Bandung
Konsumen Perumahan Pramestha Mountain City Lembang Demo, Uang Disetor Rumah Tak Jua Dibangun
Bandara Kertajati Siap Hadapi Arus Mudik Lebaran 2024
Ribuan Elemen Massa Demo di Gedung DPR RI Tuntut Pilpres Diulang dan Makzulkan Presiden Jokowi