RSUD Kab. Tangerang Sasar Masyarakat Komorbid Divaksinasi

foto

Rizky Morello

RSUD Kabupaten Tangerang memvaksinasi masyarakat komorbid.

TANGERANG, KejakimpolNews.com- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang selama sebulan mulai 30 Agustus 2021 memvaksinasi masyarakat pemilik penyakit penyerta atau komorbid.

Edi Sangsaragi, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hemato Onkologi Medis RSUD Kab. Tangerang menjelaskan, vaksinasi ini bekerjasama dengan komunitas-komunitas penyakit dalam yang ada di Provinsi Banten.

"Karena membutuhkan perhatian khusus, RSUD Kab. Tangerang bekerjasama dengan perhimpunan dokter spesialis penyakit dalam Cabang Banten dan Ikatan Dokter Anak Cabang Banten dan POGI," kata Edi, Selasa (31/8-2021).

Untuk itu, kata Edi, pihaknya mempersiapkan 18.000 dosis vaksin Pfizer untuk masyarakat komorbid yang melaksanakan vaksinasi di RSUD ini dengan pasien yang dapat menerima vaksin yakni pasien penyakit talasemi, hemofili, HIV, kanker, jantung dan lainnya.

"Per harinya dibatasi 20 pasien. Karena agak banyak jadi nggak menumpuk," paparnya. Hingga hari inj, kata Edi, vaksinasi hanya melayani pasien penderita talasemi dan hemofili. Kedua penyakit ini penyakit kelainan darah.

Edi menjelaskan, talasemi merupakan penyakit kelainan darah. Tubuh penderitanya kekurangan protein pembawa oksigen (haenoglobin) dan jumlah sel darah merah dalam tubuh yang kurang dari normal. Sedang hemofili, kata Edi pula, penyakit gangguan ketika darah tidak bisa membeku secara normal.

"Untuk talasemi, ujar Edi, screeningnya hampir sama dengan masyarakat pada umumnya. Namun untuk pasien hemofili disuntik dulu untuk supaya setelah penyuntikan, bekas tusukannya tidak membengkak," jelasnya.

Pihaknya, kata Edi, hanya menerima padien komorbid yang telah didaftarkan melalui komunitas se Provinsi Banten agar dapat tersaring pasien yang sudah atau belum bisa divaksinasi.

"Dengan demikian yang datang ke sini memang kondisinya betul-betul terdata aman untuk divaksinasi," tegas Edi.**

Editor H. Eddy D

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Jelang Mudik, PT KAI Sebut 1,4 Juta Tiket KA Angkutan Lebaran Telah Terjual
Jasad ke-5 Korban Longsor Cipongkor Ditemukan, BNPB Siap Relokasi Permukiman Warga
Komisi X DPR RI Apresiasi Pemkot Bandung Dukung Eksistensi Budaya
Hujan Angin Menumbangkan Sejumlah Pohon di Jalan Cicambe Subang
Korban Tanah Gerak di Bandung Barat Dapat Bantuan Dinsos Provinsi Jawa Barat