67,3 Persen Warga Kota Tangerang Telah Divaksin

foto

Rizky Morello

TAMPAK seorang tenaga medis tengah menyuntikan vaksin kepada seorang warga Tangerang.

TANGERANG, KejakimpolNews.com - Pemkot Tangerang terus mengejar program vaksinasi untuk membentuk herd immunity. Telah satu minggu pelaksanaan Bulan Vaksinasi digelar di 1.017 RW, hingga saat ini telah tercatat 1.003.460 jiwa yang divaksin dosis pertama.

"Sebanyak 1.595.875 dosis vaksin Covid-19 telah disuntikan. Di antaranya, 1.003.460 jiwa pada dosis satu atau 67,8 persen dan 592.415 jiwa pada dosis dua atau 40,0 persen," ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan, dr Dini Anggraeni, Rabu (15/9/2021).

Dr. Dini mengungkapkan, dengan program bulan vaksinasi Tangerang yang menyisir warga belum tervaksinasi ditingkat RW, diakui cukup efektif dan signifikan. Pasalnya, capaian vaksinasi selama bulan vaksinasi Tangerang rata-rata diangka 25 ribu dosis per hari dan tertinggi di 40.549 dosis per hari.

“Hingga saat ini bulan vaksinasi Tangerang sudah berlangsung sembilan hari. Capaian vaksinasi itu bertambah 193.512 jiwa pada dosis satu dan 52.925 jiwa pada dosis dua. Program ini akan kita teruskan hingga akhir September. Kemungkinan, program ini akan kita perpanjang hingga vaksinasi selesai, karena dinilai efektif,” ungkapnya.

Ia pun menjelaskan, capaian vaksinasi kategori rentan yaitu lansia saat ini juga sudah kian maksimal. Tercatat saat ini sudah 74.302 lansia tervaksinasi dosis satu dan 59.507 lansia tervaksinasi dosis lengkap.

“Capaian ini berkat usaha optimal dan gotong royong semua pihak. Mulai dari petugas kesehatan, ketersediaan dosis hingga antusias masyarakat yang terus meningkat. Terlebih, adanya bantuan dibukanya gerai-gerai vaksinasi baru dari TNI dan Polri, di sejumlah titik pusat keramaian,” tuturnya.

Menurut dr Dini, secara persentasi herd immunity memang terbentuk jika sudah dosis lengkap. Namun, Pemkot Tangerang secara beriringan terus mengejar kedua dosis tersebut. Saat ini, tinggal 2,2 persen lagi capaian vaksinasi Kota Tangerang mencapai 70 persen. Ia pun mengimbau, seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Pasalnya, dengan vaksinasi dan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat akan semakin banyak dan semakin cepat masyarakat terlindungi dari Covid-19. “Dengan itu, segera ikuti vaksinasi. Sedangkan yang sudah divaksinasi untuk tetap menjaga protokol kesehatan yang ketat,” pungkas Dini.**

Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Ekonomi, Diduga Motif Satu Keluarga Nekat Akhiri Hidupnya Melompat dari Lantai 22 Apartemen
SPBU "Nakal" di Rest Area KM 42 Tol Jakarta-Cikampek Disegel, Ini Kata Mendag Zulkifli
Ribuan Elemen Massa Demo di Gedung DPR RI Tuntut Pilpres Diulang dan Makzulkan Presiden Jokowi
Dua Motor Adu Banteng di Kiarapayung Jatinangor, 1 Pria Tewas 2 Mahasiswi Kritis
Bey Macmudin Menjadi Irup Pada Upacara Pemakaman Solihin GP di TMP Cikutra