Sumber Kebakaran Masih Diteliti

Garasi Berikut 36 Unit Taksi AA di Cimahi Rusak Berat Dilahap Api

foto

Asep Rachmat Hidayat

GARASI Taksi AA berikut isinya 36 unit taksi, rusak berat dilahap api.

CIMAHI, KejakimpolNews.com. Garasi taksi AA milik Tan Afie Natan (60) di Jalan Rancabali, Gunung batu No.174. RT.01. RW. 11. Kelurahan Pasirkaliki. Kecamatan Cimahi Utara. Cimahi. Jawa Barat, Sabtu (2/10/2021) rusak berat dilahap si jago merah. Sebanyak 31 taksi yang siap operasi, juga turut terbakar.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian miliaran rupiah sebab selain menghangsukan bangunan garasi, juga meluluh lantakan isinya berupa 36 unit taksi yang tersimpan.

Seorang karyawan kantor Taksi AA bernama Muhyayun (42) hanya mengalami luka bakar ringan. Korban sekaligus saksi mata tersebut mengatakan, saat itu beberapa orang para sopir taksi sudah berada di kantor, mereka  sedang mempersiapkan diri untuk segera operasional dengan taksinya.

Namun sekonyong-konyong mereka dikejutkan ketika tiba-tiba terlihat ada kobaran api tengah menjilat sebuah mobil taksi. Api begitu cepat membesar lalu merembet ke mobil-mobil taksi lainnya lain yang berderet di garasi tersebut.

Tentu saja para sopir dan staf kantor panik, mereka spontan melakukan pemadaman api dengan alat seadanya. Namun upaya itu gagal karena api semakin membesar melahap barang yang mudah terbakar.

Seorang karyawan, Muhyayun, sempat menderita luka bakar ringan tangannya, saat memadamkan api jilatan si jago merah menyambar tangannya, dan api bukannya padam malah kian membesar.

Beberapa karyawan lainnya segera melapor ke Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cimahi. Namun, mengingat lokasi kebakaran tersebut berbatasan dengan wilayah Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, UPT wilayah Barat, sehingga Damkar Kota Cimahi meminta bantuan ke UPT wilayah Barat.

Laporan diterima pada pukul. 07.36 WIB oleh Diskar PB Kota Bandung, UPT Barat dengan Response Time sembilan menit pasukan biru UPT Barat sudah tiba dilokasi, sehingga pasukan biru dari UPT Barat dan Damkar Kota Cimahi langsung melakukan kerjasama yang baik dalam memadamkan kobaran api tersebut.

Hanya dalam tampo 85 menit, tepatnya pada pukul. 09.10 WIB kobaran api yang memporak porandakan garasi berikut beberapa unit mobil taksi hangus terbakar berhasil dijinakkan, sehingga api tidak menjalar ke bangunan lain.

Dalam aksi pemadaman tersebut,  Diskar PB Kota Bandung wilayah Barat menurunkan satu unit Pacar dan satu unit Komando DCC, sedangkan Damkar Kota Cimahi menurunkan enam Pancar dan satu unit Rescue.

"Penyebab kebakaran tersebut belum bisa dipastikan, yang pasti kami hanya berkewajiban untuk melakukan pertolongan memadamkan agar api tidak merembet ke bangunan lain dan saat kejadian dalam garasi tersebut tersimpan 31 unit mobil taksi", ujar salah seorang petugas Damkar Kota Cimahi. Untuk memastikan penyebab kebakaran tersebut kini sedang dalam penyelidikan Polsek Cimahi.**

Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Gelombang Tinggi dan Air Pasang Hancurkan Kios dan Rumah Warga di Pantai Rancabuaya Garut
Mobil Ringsek Tertabrak KRL di Pintu Perlintasan Sebidang Bekasi
Pohon Mahoni Besar Tumbang Melintang di Jalan Raya, Jalur Garut-Tasikmalaya Sempat Terputus
Bukan Hanya Lusy, Pemotor Lain yang Menerobos ke Jalan Tol di Cileunyi Kerap Terjadi
Lagi, 1 Wanita Terjun dari Apartemen Penjaringan, Polisi Autopsi Jasadnya