Tiada Lagi Daerah Level 4

Alhamdulillah Kota Bandung, Cimahi, Bandung Barat PPKM Level 2, Pangandaran dan Banjar di Level 1

foto

Ilustrasi/istimewa

KORBAN Covid-19 di Tanah Air kian melandai. Berdasaran Instruksi Mendagri, di Indonesia tak ada lagi kabupaten dan kota yang menerapkan PPKM level 4, melainkan level 3, 2, bahkan ada yang level 1.

JAKARTA, KejakimpolNews.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menerbitkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Wilayah Jawa dan Bali.

Berdasarkan peraturan yang ditandatangani Mendagri tanggal 18 Oktober 2021 dan berlaku mulai 19 Oktober hingga 1 November, sudah tidak ada kabupaten (kab)/kota yang menerapkan PPKM Level 4.

Sebanyak 64 kab/kota menerapkan PPKM Level 3, 55 kab/kota menerapkan Level 2, serta 9 kabupaten berada di Level 1. Pada periode kali ini tidak ada kab/kota yang mengalami pemburukan level.

Sejumlah daerah yang mengalami perbaikan dari Level 3 ke Level 2 adalah kab/kota di DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Bali, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan (Banten),

Kota Sukabumi, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Bandung, Kota Depok, Kota Cimahi, Kab. Karawang, Kab. Bekasi, Kab. Bandung Barat, dan Kab. Sumedang di Jawa Barat (Jabar)

Selanjutnya, Kota Salatiga, Kota Magelang, dan Kab. Banyumas di Jawa Tengah (Jateng), Kab. Sidoarjo, Kab. Madiun, Kota Malang, Kota Batu, dan Kab. Gresik di Jawa Timur (Jatim).

Sedangkan daerah yang mengalami perbaikan dari Level 2 ke Level 1 adalah Kab. Pangandaran dan Kota Banjar (Jabar), Kota Tegal dan Kota Semarang (Jateng), Kota Kediri dan Kota Pasuruan (Jatim).

Dua daerah di Jatim, yaitu Kota Surabaya dan Kota Mojokerto bahkan mengalami perbaikan drastis dari Level 3 ke Level 1. Sebanyak 64 daerah di empat provinsi yang menerapkan PPKM Level 3 adalah:

(Banten) : Kota Cilegon, Kab. Tangerang, Kab. Serang, Kab. Pandeglang, Kab. Lebak, dan Kota Serang.

(Jabar) : Kab. Kuningan, Kab. Tasikmalaya, Kab. Sukabumi, Kab. Purwakarta, Kab. Majalengka, Kota Tasikmalaya, Kab. Indramayu, Kab. Cirebon, Kab. Cianjur, Kab. Ciamis, Kab. Bogor, Kab. Bandung, Kab. Subang, dan Kab. Garut.

(Jateng) : Kab. Wonosobo, Kab. Temanggung, Kab. Tegal, Kab. Rembang, Kab. Purworejo, Kab. Purbalingga, Kab. Pemalang, Kab. Pati, Kab. Magelang, Kab. Kudus, Kota Pekalongan, Kab. Kebumen, Kab. Cilacap, Kab. Banjarnegara, Kab. Pekalongan, Kab. Jepara, Kab. Grobogan, Kab. Brebes, Kab. Blora, dan Kab. Batang.

(Jatim) : Kab. Tulungagung, Kab. Trenggalek, Kab. Situbondo, Kab. Ponorogo, Kab. Pacitan, Kab. Ngawi, Kab. Magetan, Kab. Lumajang, Kota Probolinggo, Kab. Kediri, Kab. Bondowoso, Kab. Blitar, Kab. Tuban, Kab. Sumenep, Kab. Sampang, Kab. Probolinggo, Kab. Pasuruan, Kab. Pamekasan, Kab. Nganjuk, Kab. Mojokerto, Kab. Malang, Kab. Jember, Kab. Bojonegoro, dan Kab. Bangkalan.

Rincian lengkap

Sebanyak 55 daerah di tujuh provinsi yang menerapkan PPKM Level 2  yaitu:

(Banten) : Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

(DKI Jakarta) : Kab. Administratif Kepulauan Seribu, Kota Administratif Jakarta Barat, Kota Administratif Jakarta Timur, Kota Administratif Jakarta Selatan, Kota Administratif Jakarta Utara, dan Kota Administratif Jakarta Pusat.

(Jabar) : Kota Sukabumi, Kota Cirebon, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Bandung, Kota Depok, Kota Cimahi, Kab. Karawang, Kab. Bekasi, Kab. Bandung Barat, dan Kab. Sumedang.

(Jateng) : Kab. Wonogiri, Kab. Sukoharjo, Kab. Sragen, Kota Surakarta, Kota Salatiga, Kota Magelang, Kab. Klaten, Kab. Kendal, Kab. Karanganyar, Kab. Banyumas, Kab. Semarang, Kab. Boyolali, dan Kab. Demak.

(Daerah Istimewa Yogyakarta) : Kab. Sleman, Kab. Bantul, Kota Yogyakarta, Kab. Kulonprogo, dan Kab. Gunungkidul.

(Jatim) :  Kab. Sidoarjo, Kab. Madiun, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Batu, Kab. Jombang, Kab. Banyuwangi, Kab. Lamongan, dan Kab Gresik. (Bali) : Kab. Jembrana, Kab. Bangli, Kab. Karangasem, Kab. Badung, Kab. Gianyar, Kab. Klungkung, Kab. Tabanan, Kab. Buleleng, dan Kota Denpasar.

Sebanyak 9 daerah di tiga provinsi yang semula menerapkan PPKM Level 2 dan kini berada di Level 1 adalah:

Level 1: Kab. Pangandaran dan Kota Banjar di Jabar, Kota Tegal dan Kota Semarang di Jateng, serta Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Kediri, Kota Blitar, dan Kota Pasuruan di Jatim.

** 

Editor : Omay Komar

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Festival Kopi dan UMKM, dan Sejumlah Lomba Warnai HUT Emas Korpri Kuningan
Bupati DS Tengok Lokasi Tanggul Sungai Cikeruh yang Jebol dan Para Korban Banjir Rancaekek
TPT dan Tanggul di Sungai Cipariuk Desa Cibiruhilir Jebol
Banjir Bandang Terjang Sukawening Garut, Jembatan Putus dan Ribuan Hektare Sawah Luluh Lantak
Pohon Tumbang di Jalan Sancang, Pemilik Kios Lari Tunggang Langgang