Angka Meninggal Nihil

Covid-19 Kota Bandung, 9 Kecamatan dan 99 Kelurahan Nol Kasus

foto

Ilustrasi/pixabay

ILUSTRASI COVID-19

BANDUNG, KejakimpolNews.com - Kabar semakin menggembirakan untuk warga Bandung khususnya. Angka kasus terpapar Covid-19 di Kota Bandung terus melorot, bahkan hingga Selasa 19 Oktober 2021 kemarin, tercatat ada 9 kecamatan yang benar-benar nihil atau nol allias bebas kasus.

Bahkan di level kelurahan, dari 151 kelurahan di Kota Bandung, tercatat 99 kelurahan yang bebas kasus alias nihil. Tidak heran jika berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Toto Karnavian No.53 tahun 2021 tentang pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang semula Level 3 kini Kota Bandung yang termasuk aglomerasi Bandung Raya telah masuk ke PPKM Level-2 yakni risiko rendah.

Di aglomerasi Bandung Raya, yang masuk PPKM Level-2 itu adalah Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi dan Kabupaten Sumedang, sedangkan Kabupaten Bandung masih di PPKM Level 3.

Beradasarkan data dari Pusat Informasi Covid-19 Kota Bandung melalui laman covid19.bandung.go.id , ke-9 kecamatan di Kota Bandung yang tercatat nihil kasus adalah Kecamatan: Regol, Panyileukan, Bojongloa Kidul, Babakan Ciparay, Bojongloa kaler, Cinambo, Bandung Wetan, Cidadap dan Arcamanik.

Yang tercatat  satu (1) kasus ada empat yakni Kecamatan: Batununggal, Andir, Ujungberung dan gedebage. Yang tercatat dua (2) kasus adalah Kecamatan: Antapani, Sumur Bandung, dan Lengkong. Untuk tiga (3) kasus adalah Kecamatan: Mandalajati, Bandung Kidul, Coblong, Cicendo, Atanaanyar, Cibeunying Kidul, Kiaracondong dan Kecamatan Rrancasari.

Selanjutnya yang mencatat ada empat (4) kasus hanya Kecamatan Buahbatu, lima (5) kasus Kecamatan Sukasari dan Cibeunying Kaler, tujuh (7) kasus Kecamatan Sukajadi dan Kecamatan Bandung Kulon. Hanya satu yang masih tinggi yakni delapan 8 kasus yakni Kecamatan Cibiru.

Masih dari Pusat Informasi Covid-19, angka kematian di Kota Bandung pun sudah beberapa hari ini benar-benar nihil, membuat Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikadut lengang. Sedangkan pasien Covid-19 yang sembuh sudah tercatat 41.022 orang dan terakhir Selasa kemarin ada penambahan yang sembuh sebanyak 3 orang.

Dalam sehari,  Selasa kemarin tercatat kasus konfirmasi aktif Covid-19 ini hanya ada 4 orang. Secara keseluruhan yang aktif hingga kini tinggal 99 orang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rosye Arosdiani Apip pada kegiatan Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Selasa 19 Oktober 2021 juga menyebutkan, kondisi Kota Bandung saat ini cukup menggembirakan. Tetapi ia berharap warga Kota Bandung jangan euforia dulu, protokol kesehatan seperti memakai masker agar terus dilakukan dengan penuh disipilin.

Beberapa hal yang menjadi indikator penting Kota Bandung dari PPKM Level 3 menjadi PPKM Level 2  sesuai dengan Instruksi Mendagri, yaitu ditandai dengan konfirmasi aktif yang menurun, konfirmasi sembuh terus meningkat, pelaksanaan vaksinasi juga Bed Occupancy Rate (BOR) hingga positivity rate yang juga menurun.

Rosye juga menyebut, upaya vaksinasi untuk warga terus digenjot, Sesuai data yang dicatat dari Pusicov Kota Bandung, hingga Selasa 19 Oktober 2021 total warga Bandung yang telah menjalani vaksinasi dosis 1 mencapai 90,48 persen atau 1.766.496 dari total sasaran 1952.358.**

Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Pj. Gubernur Jabar Tarawih di Masjid Tertua Mungsolkanas Jalan Cihampelas Bandung
Jelang Idulfitri akan Terjadi Gerhana Matahari Total
Sejumlah Siswa SD Keracunan Makanan, Bupati Bandung Barat Minta Pengawasan Ditingkatkan
Kasus DBD Melonjak, Bey Machmudin: Jabar Masif Lakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk
Di Hadapan Ribuan Jamaah pada Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, Ini Pesan Bupati Bandung