Setelah Covid Kini DBD Mengintai Masyarakat Kabupaten Tangerang

foto

Rizky Morello

KEPALA Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kab. Tangerang Hendra Tarmizi.

TANGERANG, KejakimpolNews.com Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Dinas Kesehatan Kab. Tangerang, Hendra Tarmizi menyebutkan, di Wilayah Kabupaten Tangerang saat ini mulai diguyur hujan.

Dikatakan, curah hujannya dari intensitas rendah hingga tinggi. Setelah Covid-19, kata Hendra, pada musim penghujan ini khawatir muncul musim demam berdarah dengue (DBD). Banyak penyakit yang mengintai hingga diharapkan masyarakat selalu waspada dengan kesehatannya, terlebih masih dalam pandemi Covid 19.

"Banyak penyakit yang bisa menjangkiti masyarakat memasuki musim penghujan ini. Biasanya memasuki musim hujan sangat rentan dengan jenis penyakit batuk, pilek dan diare. Namun yang perlu diwaspadai," kata Hendra, secara serius adalah DBD.

"Penyakit yang disebabkan nyamuk Aedes Aegypti ini biasanya muncul akibat banyak genangan air yang merupakan tempat terbaik bagi berkembang larva nyamuk.

"Penyakit demam berdarah, kata Hendra, berpotensi pada kematian bagi masyarakat semua kalangan usia. Semua kalangan usia rentan dengan DBD, " tegasnya.

Namun usia anak-anak lebih banyak menyebabkan angka kematian yang tinggi. Karena anak-anak cenderung belum memiliki kekebalan tubuh yang maksimal, katanya Kamis (21/10-2021).

Karena itu, katanya, guna mencegah berkembangnya nyamuk perlu pemberantasan sarang nyamuk melalui gerakan 3M yakni menutup, menguras dan mengubur benda-benda yang dapat menampung air bersih.

"Jadi memasuki musim hujan ini kjta harus meningkatkan kewaspadaan, tidak kalah dengan pencegahan pandemi Covid 19, " pungkas Hendra.**

Editor: H. Eddy D.

Reporter: Rizky Morello

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Kawanan Monyet Masih di Cileunyi, Sekdes Cileunyikulon: Mungkin Cari Makan Gratis
Jelang Idulfitri akan Terjadi Gerhana Matahari Total
Dua Motor Adu Banteng di Kiarapayung Jatinangor, 1 Pria Tewas 2 Mahasiswi Kritis
10 Orang Tertimbun Longsor di Cipongkor Bandung Barat, 1 Jasad Ditemukan 9 Korban Masih Dicari
Kebakaran Saat Makan Sahur, 12 Rumah Warga Jalan Cintaasih Bandung Ludes Jadi Abu