Akibat Diterpa Hujan Angin

Pohon Tumbang Tengah Malam, Halangi Jalan Amir Machmud

foto

Asep Rachmat Hidayat

PETUGAS Diskar PB Kota Bandung sedang memotong batang pohon yang menghalangi Jalan Jenderal H. Amir Machmud Bandung.

BANDUNG, KejakimpolNews.com - Usai hujan deras yang disertai angin kencang, pohon Sukun yang tumbuh di pinggir Jalan Jenderal H. Amir Machmud, Kelurahan Campaka, Kecamatan Andir, Kota Bandung. Jawa Barat, Kamis (21/10/2921) malam tumbang menimpa tiang listrik dan menghalangi jalan.

Tidak menimbulkan korban jiwa dalam kejadian tersebut karena berlangsung hamoir tengah malam, hanya aliran listrik padam dan batang pohon setinggi 12 meter dengan diameter 25 Cm itu melintang menghalangi jalan dan menghambat jalur lalu lintas.

Saksi mata, Utep mengatakan, sekitar pukul. 23.00 WIB, tiba tiba terkejut mendengar suara menggebrak cukup keras seolah ada benda jatuh, selanjutnya disusul dengan aliran listrik padam. Setelah dilihat ternyata ada pohon sukun tumbang menimpa tiang listrik dan menghalangi jalan sehingga sempat terjadi kemacetan arus lalu lintas.

Kejadian itu berlangsung saat baru saja hujan lebat yang disertai angin kencang mereda. Diduga pohon tersebut tumbang karena  tertiup angin kencang, ia dengan melihat kejadian itu segera melaporkan ke Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, melalui Emergency Call.022-113.     

Kepala UPT wilayah Barat, Dadang Kosasih mengatakan, laporan diterima pada pukul. 23.32 WIB dengan Response Time lima menit pasukan biru peleton 3 sudah tiba di lokasi dengan gesitnya langsung melakukan tindakan dengan memotong batang pohon lalu di ke pinggirkan dengan menggunakan alat chainsaw dan senter.

"Hanya dalam tempo 60 menit tepatnya pada pukul. 00.37 WIB, batang pohon yang menghalangi jalan itu berhasil diseret ke pinggir jalan, sehingga arus lalu lintas lancar kembali dengan menurunkan satu unit Pancar Barat", ujar Dadang Kosasih, Jumat (22/1/2021).

Kepala UPT Barat menjelaskan, memang sejak pukul. 18.00 WIB, hujan lebat yang disertai angin kencang, sehingga beberapa ruas jalan yang berada di wilayah Kecamatan Andir banjir, besar kemungkinan pohon sukun itu tumbang karena tertiup angin kencang.**

Editor: Asep Rahmat Hidayat

Bagikan melalui
Berita Lainnya
AS Anggota Geng Motor Diciduk Jajaran Polsek Soreang Usai Membacok Warga Hingga Luka Parah
Kepatuhan Tinggi ASN di Jawa Barat dalam Menjaga Netralitas pada Pemilu 2024
Kamis Hari Ini Sekda Kota Bandung Ema Sumarna dan Dua Anggota DPRD Diperiksa KPK
Unsur Forkopimcam Cileunyi Tarling di Masjid Nurul Huda Cibiruwetan, Ini Kata Kapolsek
Pemdaprov Jabar Mitigasi Bencana Hidrometeorologi saat Mudik