Siaga Jiwa dan Raga Merupakan Komitmen Seumur Hidup Santri Dalam Membela Tanah Air

foto

Yus Firdhaus

SEKRETARIS Daerah Kota Cirebon H. Agus Mulyadi diberi potongan tumpeng oleh H. M. Ahsan Kepala Kementerian Agama Kota Cirebon selesai upacara Hari Santri Nasional (HSN) di halaman apel Balai Kota Cirebon.

CIREBON, KejakimpolNews.com - Bangsa Indonesia kembali memperingati Hari Santri Nasional (HSN), tepatnya setiap  22 Oktober, tema yang diusung dalam HSN 2021ini adalah "Santri Siaga Jiwa dan Raga". Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Sekretaris Daerah Kota Cirebon Agus Mulyadi dalam Hari Santri Nasional (HSN) di Halaman Apel Balai Kota Cirebon.

Di hadapan ratusan santri dan santriawati yang semua seragam memakai pakaian muslim dan sarungan, dalam mengikuti upacara tersebut. Sekda menyampaikan amanat dari Presiden RI dan Kemenag RI, di hadapan ratusan santri.

Berkaitan dengan tema HSN mengutip dari komentar Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas menegaskan, hal ini sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia dan mewujudkan perdamaian dunia.

Siaga jiwa raga juga merupakan komitmen seumur hidup santri untuk membela tanah air yang lahir dari sifat santun, rendah hati, pengalaman dan tempaan santri selama di pesantren.

Peringatan Hari Santri Tahun 2021 ini, Sekda Agus Mulyadi menyebutkan, kalangan pesantren kembali mendapatkan "Kado Indah" dari Presiden Joko Widodo berupa Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2021 Tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren.

Masih menurut Sekda Agus Mulyadi, peraturan Presiden secara khusus mengatur tentang dana abadi pesantren yang dialokasikan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, pendidikan pesantren.**

Editor: Maman Suparman

Reporter:  Yus Firdhaus

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Gubernur Nyatakan Jabar Siap Hadapi Bencana dengan Peralatan Canggih
Menuju Masyarakat Taat Hukum, Kejari Kuningan Luncurkan "Binmatkum"
Gedung Dinas Kesehatan dan BPOM Provinsi Jawa Barat Jln.Pasteur Terbakar
Video Detik-Detik Laka Lantas Pajero Putih yang Merenggut Nyawa Vanessa Angel, Beredar di Dunia Maya
Dalihnya Mau BAB, 20 Menit Kemudian Suaminya Tergantung di Kamar Mandi