Sawah dan Kebun Luluh Lantak

Banjir Bandang Bawa Bongkahan Batu-Batu Raksasa Terjang Kampung Cikupakan Pasirwangi Garut

foto

Dede Suryana

BANJIR bandang di Kampung Cikupakan, Pasirwangi Garut membawa batu-batu raksasa yang berserakan menutupi Sungai Cipanday.

GARUT, KejakimpolNews.com - Longsor dahsyat dan banjir bandang yang terjadi di Garut, terutama yang menimpa kawasan Kampung Cikupakan, Pasirwangi, Kabupaten Garut, pada Jumat (19/11/2021) menyisakan keprihatinan hingga Rabu (23/11/2021) masih tampak  di sana-sini.

Begitu juga bekas banjir lumpur yang membawa bongkahan-bongkahan batu raksasa dengan ukuran setara kerbau dewasa berserakan dan hampir menutupi aliran Sungai Cipanday.

Yang parah menimpa Kampung Cikupakan lebih dahsyat, potongan-potongan besi yang diduga bekas kerangka jembatan Cikupakan berserakan di sekitar Sungai Cipanday. Ternyata besi-besi ini berasal dari jembatan Cikupakan dan ruas jalan sepanjang 100 meter hancur terbawa longsor saat bencana itu terjadi.

"Bongkahan potongan beton bekas penyangga jembatan dan ruas jalan, juga banyak terlihat di aliran Sungai Cipanday dan sebagian di area pesawahan," kata Camat Pasirwangi, Saepul Hidayat, saat meninjau lokasi bencana.

Melalui rekaman videonya, Camat Pasirwangi memperlihatkan dampak bekas longsoran yang terjadi pada Hari Jumat lalu, membawa material longsor berupa bongkahan batu raksasa dan potongan besi yang terbawa hanyut dari Jembatan Cikupakan.

"Ini kita berada di Sungai Cipanday. Sungai CIpanday ini adalah perbatasan Desa Sarimukti Kecamatan Pasirwangi dengan (Kecamatan) Sukaresmi. Ini adalah besi-besi dan bongkahan batu yang terbawa hanyut," ujar Saepul didampingi Kepala Desa Sarimukti, Uus Saripudin.

Saepul menuturkan, selain merusak besi yang ada di sekitar jalan Blok Cikupakan, longsor ini juga menghancurkan beton-beton yang ada di sekitar jalan dan jembatan.

"Ini posisinya di sekitar banjir bandang dan ini banyak sekali besi-besi, jadi memang sangat besar sekali hingga menghancurkan beton-beton penyangga jalan dan jembatan," tuturnya.

Bahkan, saking dahsyatnya longsor yang terjadi di Pasirwangi, ada material longsor berupa bongkahan-bongkahan batu raksasa dan mendarat di Sungai Cipanday.

"Ini adalah batu-batu besar bawaan dari longsoran, terbayang dahsyatnya banjir bandang kemarin sampai membawa batu batu sebesar ini. Awalnya ini tidak ada batu, tapi sekarang ada batu batu besar yang terbawa dari atas." tandasnya.

Menurut Saepul, akibat longsor tersebut sekitar dua hektare area sawah dan perkebunan mengalami kerusakan. Saepul tidak menyebut usia tanam padi di sawah maupun tanaman lain di kebun yang rusak akibat bencana tersebut.

Hingga kini, lanjut dia, pihak kecamatan setempat masih melakukan assesment terkait infrastruktur di sekitar kejadian.**

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Dalam Waktu Bersamaan, Banjir dan Longsor Menimpa Tiga Kecamatan di KBB
Pergerakan Tanah di Sukamakmur Bogor, Ratusan Jiwa Mengungsi Jalan Desa Amblas,
Kawasan Macan Tamiang Jadi Sasaran Latbakjari
Rumah Makan Asep Stroberi Kadungora Ludes Dilalap Api
Api Yang Melahap Rumah Makan Asep Stroberi Kadungora Berhasil Dipadamkan