Gardu PLN di Jln.Stasion Selatan Meledak dan Kabel di Tiang Listrik Jln. Gatot Subroto Terbakar

foto

Asep Rachmat Hidayat

PARA petugas Diskar PB Kota Bandung tengah memadamkan listrik yang muncul dari kabel di tiang listrik Jalan Gatot Subroto Bandung.

BANDUNG, KejakimpolNews.com - Sejumlah warga di Jalan Gatot Subroto RT.03. RW.05. Kelurahan Gumuruh, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Selasa (30/11/2021) malam dikagetkan dengan munculnya kobaran api dari kabel yang melintang di tiang listrik pinggir jalan.

Sebelumnya, terjadi pula gardu listrik PLN di Jalan Stasion Selatan No.23. RT.01. RW.02. Kelurahan Kebonjeruk. Kecamatan Andir. Bandung. Jawa Barat, Selasa (30/11/2021) meledak hingga terbakar.

Saksi mata, Rafli mengatakan, saat itu bersama beberapa warga mereka dikejutkan ketika mendadak ada kobaran api di tiang listrik yang berdiri di depan pusat pertokoan.

Karena khawatir api membesar dan takut merembet ke bangunan pertokoan, dia langsung melaporkan ke Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, melalui Emergency Call.022-113.

Laporan diterima pada pukul. 23.06 WIB, dengan Response Time tujuh menit pasukan biru sudah tiba di lokasi, dengan gesitnya anggota peleton 1 melakukan tindakan memadamkan kobaran api yang nyaris merembet ke pertokoan itu. Hanya dalam tempo enam menit, tepatnya pada pukul.23.20 WIB, api berhasil dipadamkan dengan menurunkan satu unit Pancar Pusat.

Gardu Listrik Meledak

Sebelumnya yakni Selasa )30/11/2021) kemarin, gardu listrik milik PLN di Jalan Stasion Selatan No.23. RT.01/RW.02/ Kelurahan Kebonjeruk, Kecamatan Andir, Kota Bandung. Jawa Barat meledak hingga terbakar, diduga arus poendek listrik atau korsleting.

Saksi mata, Ny.Rini (35) mengatakan, saat itu sedang berada di halaman rumahnya, tiba tiba melihat ada kepulan asap dalam gardu listrik, tak lama kemudian disusul dengan suara ledakan. Akibatnya gardu listrik tersebut terbakar.

Atas dasar laporan dari masyarakat, Polsek Andir segera melaporkan kejadian ke Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung.

Kepala UPT wilayah Barat, Dadang Kosasih mengatakan, laporan diterima pada pukul.10.00 WIB, dengan Response Time lima menit, anggota peleton 1 sudah tiba di lokasi, pasukan biru yang sudah terlatih ini segera melakukan tindakan pemadaman api dengan menyemprotkan air dengan tegangan tinggi.

"Alhamdulilah dalam tempo 15 menit tepatnya pukul.10.20 WIB, api berhasil dipadamkan setelah melakukan koordinasi dengan pihak PLN," ujar Dadang Kosasih.

Kepala UPT Barat menjelaskan, berkat kekompakan anggotanya, api tidak sempat menjalar ke bangunan lain, apabila tidak cepat tertangani api bisa meluas karena lokasi kebakaran itu merupakan kawasan padat penduduk yang letak rumahnya sangat berdempetan.**

Editor: Asep Rahmat Hidayat

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Dua Motor Adu Banteng di Kiarapayung Jatinangor, 1 Pria Tewas 2 Mahasiswi Kritis
Viral di Medsos, Para Remaja Terlibat Perang Sarung di Paseh Sumedang
Viral, Ada Jalan Amblas di Pangalengan Tak Bisa Dilalui Kendaraan, Ini Kata BPBD Kab. Bandung
Mau Mudik Gratis? Nih Kemenhub Buka Jadwal dan Pendaftarannya
Konsumen Perumahan Pramestha Mountain City Lembang Demo, Uang Disetor Rumah Tak Jua Dibangun