Cadas Pangeran Longsor, Batu-Batu Besar Menutup Akses Jalan Bandung-Sumedang

foto

Foto : Netizen

LONGSOR. Cadas Pangeran macet total akibat jalur jalan Bandung-Sumedang dan sebaliknya tertutup longsoran batu-batu besar yang menggelinding dari tebing.

SUMEDANG, KejakimpolNews.com - Jalan raya Cadas Pangeran yang menghubungkan Tanjungsari-Sumedang longsor Rabu (12/1/2022) sore. Tak hanya tanah, batu-batu besar nyaris menutupi jalur Cadas Pangeran menyebabkan akses jalan Bandung – Sumedang dan sebaliknya alami kemacetan parah.

Material longsor tak hanya tanah melainkan batu-batu yang cukup besar yang menggelinding dari di tebing di kawasan yang terkenal bertebing tinggi di sisi utaranya.

Batu-batu besar inilah yang sulit disingkirkan dengan tangan manusia atau cara manual menyebabkan jalan pun tertutup. Saksi mata di lokai di antaranya Deni menyebutkan, "Longsor terjadi sore tadi sekitar pukul 15.30 WIB," kata  warga Tanjungsari yang baru saja melintas.

Sementara pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang kini tengah meluncur ke lokasi untuk mendapatkan informasi lebih lengkap adanya longsor tersebut seperti diakui Supervisor Pusdalops BPBD Kabupaten Sumedang Rully Surya.

BPBD juga mengakui, longsoran tersebut terdiri dari tanah dan  batu-batu besar, untuk itu pihaknya akan mencoba mendatangkan alat berat untuk mengevakuasi batu-batu besar tersebut. Untuk hal ini pihaknya berkoordinasi dengan DPUTR Kabupaten Sumedang.

Hingga berita ini ditulis pukul 17.30 WIB, kemacetan lalu lintasa masih berlangsung. Berbagai upaya terutama dari BPBD masih terus dilakukan untuk mengeruk longsoran tanah dan mengevakuasi batu-batu besar.**

Editor : Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Pemda Provinsi Jabar Siapkan Aplikasi Layanan Aduan Warga dan Hotline Terintegrasi
Penting Diketahui! Ini Perbedaan Gejala DBD Dulu dan Sekarang
Awas! DBD Mewabah di Jabar: 41 Meninggal 5.653 Dirawat, Bey Minta Rumah Sakit Siaga
Bandara Kertajati Siap Hadapi Arus Mudik Lebaran 2024
Pemkab Bandung Kembali Raih Dua Penghargaan Nasional Bidang Kesehatan