Membawa Persib Unggul Lewat Gol Kakinya ke Gawang Persija, Ciro Alves Begitu Emosional

  • Gaiskha
  • Rabu, 11 Januari 2023 | 17:47 WIB
foto

Foto : Persib.co.id.

CIRO ALVES, layak dapat bintang karena lewat kakinya Persib mampu mengalahkan POersija 1-0. Tampak pemain asal Brazil ini begitu emosional menyambut gol semata wayangnya.

BANDUNG, KejakimpolNews.com - Persib Bandung penuhi janjinya untuk melumpuhkan Persija Jakarta. Kemenangan ini dicetak lewat kaki Ciro Alves pada menit 63 babak kedua lewat tendangan pelan namun mematikan setelah mendapat assist dari David da Silva.

Kemenangan ini disambut begitu emosional oleh pemain kelahiran Brazil tersebut, maklum sepanjang pertandingan ia nyaris tak berkutik karena terus menerus ditempel dengan ketat p;emain lawan.

Kemenangan Persib sebenarnya sudah tampak di babak pertama lewat titik putih setelah terjadi handsball pemain Persija. Tetapi sayang gagal dimanfaatkan oleh Beckham Putra Nugraha karena arah bola bisa ditebak kiper Persija Andritany.

Dengan kemenangan tersebut, klasemen sementara Liga 1 2022/2023 pun berubah. Persib dengan raihan poin 33 kini berada di urutan kedua bersama Bali United dan Madura United, sedangkan PSM dengan 34 poin berada di urutan pertama, sementara Persija tertahan di urutan ke-5 dengan 32 poin.

Bermain di kandang sendiri Rabu (11/1/2023) Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dengan judul "laga tunda", kedua tim sudah mulai memperagakan permainan cepat dan keras. Benturan dan takling keras kerap terjadi dari kedua kubu membuat wasit cukup kewalahan.

"Perang" terbuka antara dua "harimau" yang satu Maung Bandung yang satu Macan Kemayoran ini berlangsung dengan tempo yang cukup tinggi. Peluang demi peluang terjadi, bahkan Persija lebih dulu mengancam lewat kerja sama antara Rico Simanjuntak dan Michael Krmencik. Saat itulah Krmencik melepaskan tendangan keras, namun masih melambung di atas gawang Persib pada menit ke-5 yang dikawal Teja Paku Alam.

Hanya dua menit berselang, giliran Maung Bandung yang mengancam lewat Ciro Alves yang melakukan akselerasi setelah menerima bola terobosan. Mantan bomber Persikabo ini melepaskan tendangan mendatar yang masih bisa dihalau dengan kaki oleh kiper Persija Andritany Ardhiyasa.

Memang akselerasi Ciro banyak membantu Persib dalam menyerang. Beberapa kali ia menerima upan dari berbagai sisi tetapi usaha itu kunjung digagalkan barisan pertahanan Persija.

Pun Beckham Putra Nugraha. ia bermain begitu ngotot dan kerap melakukan tusukan, tapi ia kesulitan lepas dari penjagaan ketat yang dilakukan oleh Muhammad Ferrari.

Persija memperoleh peluang terbaik lewat serangan balik cepat yang digalang Riko Simanjuntak, bola kemudian dioper ke Hanno Behrens. Pemain asal Jerman lalu membagi bola ke Krmencik yang melepaskan tendangan cungkil, tapi masih melebar tipis di sisi kiri gawang Persib pada menit ke-26.

Striker Persija Krmencik kembali mengancam gawang Persib. Tetapi pemain asal Ceko itu melakukan tandukan yang menyambut umpan silang dari Firza Andika, tapi bola masih di atas gawang Persib pada menit ke-34.

Memasuki babak kedua tempo pertandingan mulai melambat. Persib dan Persija hanya mampu tidak mampu menciptakan peluang-peluang , serangan hanya bersipa sporadis.

Luis Milla sang juru racik, melakukan pergantian pemain. Ia menurunkan David da Silva untuk menggantikan Ezra Walian yang tak banyak terlibat dalam laga.

David da Silva langsung memberi kontribusi instan dengan menyumbang assist. Umpan tarik dari kotak penalti Persija gagal disapu bek Macan Kemayoran Ferrari. Di saat itulah Ciro Alves menyerbu dan dengan mudah mendorong bola ke kanan kiper Andritany dan golpun terjadi tepat pada menit ke-63.

Persija tersengat, tempo permainanpun kian menanik lagi. Tetapi baik Persib maupun Persija tak mampu mengubah keadaan. Gol sematang wayang ini mengantarkan Maung Bandung mampu menerkam Macan Kemayoran sesuai dengan janjinya.

Susunan pemain

Persib Bandung: 14-Teja Paku Alam; 12-Henhen Herdiana, 2-Nick Kuipers, 32-Victor Igbonefo, 66-Daisuke Sato, 21-Frets Butuan; 30-Ezra Walian (David da Silva 58'), 8-Abdul Azis (Robi Darwis 62'), 11-Dedi Kusnandar, 7-Beckham Putra (Achmad Jufriyanto 75'); 77-Ciro Alves

Persija Jakarta: 26-Andritany Ardhiyasa; 17-Ondrej Kudela, 23-Hansamu Yama, 41-Muhammad Ferrari; 2-Rio Fahmi (Nico Alfriyanto 72'), 8-Syahrian Abimanyu (Donny Tri Pamungkas 87'), 10-Hanno Behrens (Ginanjar Wahyu 72'), 24-Resky Fandi, 11-Firza Andika, 25-Riko Simanjuntak; 27-Michael Krmencik.(Gaiskha)**

Editor : Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Cara Beckham Beradaptasi Dengan Latihan Dan Laga Di Bulan Ramadan
Langkah Persib Menit Per Menit Saat Ditahan Imbang Bhayangkara FC
Persib Masih Urutan ke-2 Meski Ditahan Imbang 0-0 oleh Bhayangkara FC
Adzikry Fadillah Wajah Baru di Persib Siap Tingkatkan Kualitas Jika Main Lagi
Tiket Persib Kontra Bhayangkara FC di Si Jalak Harupat Sudah Dijual