Leg 2 Piala Menpora Malam Ini

Ayo Sib Tundukan PSS Sleman, Hadapi Persija di Final!

foto

istimewa

PERSIB saat berlaga di Stadion Maguwoharjo, Sleman Yogyakarta.

SOLO, KejakimpolNews.com.- Senin 19 Maret malam ini Persib Bandung kembali akan menghadapi PSS Sleman dalam upaya meraih tiket ke final Piala Menpora 2021. Bermain pada leg kedua ini, kans anak asuh Robert Rene Alberts sedikit lebih baik dibanding peluang anak asuh Dejan Antonic. Kemenangan di leg pertama saat bermain di Stadion Maguwoharjo, Sleman dengan skor 2-1 adalah modal yang sangat berharga.

Apalagi regulasi untuk turnamen Piala Menpora 2021 ini tak lagi memperhitungkan gol kandang atau tandang. Artinya, siapa yang menang itulah yang tampil sebagai calon finalis.

Bagi Persib Bandung, dengan kemenangan pada leg pertama baginya di leg kedua ini cukup dengan hasil seri maka ia berhak tampil sebagai finalis yang nantinya akan menantang Persija Jakarta yang telah lolos setelah menaklukkan PSM Makassar lewat adu tendangan penalti Minggu 18 Maret 2021 kemarin malam.

Andai Persib Bandung lolos dan bertemu Persija Jakarta di final, tentu saja inilah final yang sarat dengan gengsi, reputasi, dan harga diri. Paling tidak sebuah tontonan penuh emosi bagi Bobotoh dan Jakmania walau hanya bisa menyaksikan lewat layar kaca. Maklum kedua tim ini sudah lama dianggap sebagai “musuh bebuyutan”.

Mesti waspada

Bagaimana menghadapi PSS Sleman malam nanti? Tentu saja Persib mesti waspada. Saat Leg pertama di Stadion Maguwoharjo Sleman jujur harus diakui PSS Sleman tampil lebih baik dalam hal menyerang dan bertahan serta keterpaduan antarlini.

Saat itu Persib nyaris dipermalukan, pemain belakang yang dikawal dua centerback Victor Igbonefo dan Nick Kuipers ditambah wingback Henhen Herdiana dan Ardi Idrus, kerap mudah diterobos para pemain depan PSS Sleman dengan longball dan umpan diagonal yang diperagakan Samsul Arifin dan striker muda Saddam Emirudin Gaffar serta Irfan Jaya.

Pertahanan tangguh telah dipertontonkan eks bek Persib Fabiano Rosa Beltrame. Bahkan karena lugasnya Fabiano, pertahanan PSS Sleman disebut yang terbaik di antara semua tim, PSS Sleman baru kebobolan empat gol dari enam pertandingan yang sudah mereka mainkan. Sepasang gol Persib yang bersarang di gawang PSS Sleman di semifinal pun tercipta dari bola mati dan lewat serangan balik.

Tapi jangan salah, berdasarkan data Liga Indonesia Baru, Persib di Piala Menpora ini tampil lebih mentereng. Maung Bandung ini mampu meraih tiga kemenangan dari lima pertemuan melawan PSS Sleman. Namun pepatah tetap berlaku, bola itu bulat, apapun bisa terjadi di lapangan. Bukti akhir, sebaik apapun serangan tetap saja hasil akhir yang menentukan yakni sebuah kemenangan.

Tentu bagi Persib tak hanya yakin dengan pemeo, tatapi teknis dan strategi di lapangan memang perlu. Paling tidak, mematahkan semangat PSS Sleman yang pasti akan meningkat. Sebab bagi PSS Sleman, only victory can save them, hanya kemenanganlah yang bisa menyelamatkan mereka. Dan semangat untuk menang itulah telah mereka buktikan di leg pertama, kendati di pengujung pertandingan harus gigit jari dengan gol Frets Butuan lewat serangan balik.

Gambaran umpan panjang diagonal, serta gigih dalam mempertahankan lapangan tengah yang dimotori eks pemain Persib Kim Jeffrey Kurniawan, adalah senjata yang dipastikan kembali akan diperagakan, dan tentu saja tidak akan melepaskan barang sejengkalpun setiap gerakan striker Frets Butuan dan Wander Luiz atau pemain sayap Ferbri Hariyadi dan Esteban Viscarra.**

Editor Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Beban Berat, Persib Bandung Tak Berdaya Melawan Persija Jakarta
Misi Persib Hadapi Persija Malam ini, Berat Tapi Bukan Mustahil
Gebrakan Persija di Menit Awal Bikin Persib Bertekuk Lutut 0-2
Prediksi Susunan Pemain Persib vs Persija Malam ini
Oded Minta Bobotoh Jaga Keamanan dan Ketertiban