Final Leg Ke-1 Piala Menpora

Gebrakan Persija di Menit Awal Bikin Persib Bertekuk Lutut 0-2

foto

PERSIB harus mengakui kekalahan dari musuh bebuyutannya Persija Jakarta. Pada final leg pertama, Maung Bandung dicakar Macan Kemayoran 0-2.

SLEMAN, KejakimpolNews.com. Persib Bandung harus mengakui keunggulan Persija Jakarta. Secara tragis dihantam Persija Jakarta pada pertandingan final leg ke-1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman Yogyakarta Kamis (22/4/2021) malam.

Supardi Nashir cs benar-benar harus bertekuk lutut dilumat anak-anak ibu kota  dengan skor 2-0.  Jelas, squad asuhan Robert Rene Alberts ini mendapat pukulan berat, sebab kedua gola dicetak hasil gebrakan meni-menit awal oleh para penyerang-penyerang muda Persija.

Memang mengagetkan. Pertandingan belum satu menit, gawang I Made Wirawan sudah bobol oleh gol Braif Fatari. Sudirman sang pelatih Persija rupanya menerapkan taktik jitu. Dia tidak menurunkan striker seniornya Marco Simic yang sudah dikenal karakternya oleh para pemain Persib, justru Sudirman Braif Fatari dan Taufik Hidayat yang selama ini sering menghuni bangku cadangan.

Hanya sayap kiri dan kanan Sudirman masih mempercayakan kepada Rico Simanjuntak dan Osvaldo Haay. Hasilnya tampakj, begitu kicik off, anak-anak Persija langsung menggebrak dengan mengandalkan kecepatan sebagaimana layaknya anak muda. Mereka langsung mengambil inisiatif menyerang.

Hasilnya, benteng pertahanan Persib yang dikawea;l Victor Igbonefo. Nick Kuipers dan Suppardi Nasir serta Adri Idurs  dibuat kocar kacir. Dan saat itulah malapetaka terjadi, umpan silang Rico ke jantung pertahanan Persib diselesaikan dengan jitu oleh Braif Fatari saat waktu baru menunjukan detik ke 40. 1-0 untuk Persija.

Belum pulih dari kekagetannya, Persib kembali harus terperangah saat menit ke keenam Taufik Hidayat pemain muda yang pernah dibesarkan oleh Persib Bandung mencetak gol kedua, juga lewat serangan cepat. Tendangan keras dari kotak penalti tak mempu diblok Made Wirawan.

Di babak pertama ini memang Persija mengambil peran. Kekuatan Macan Kemayoran ini terletak dari duet lini tengah, Marc Klok dan Rohit Chand. Keduanya  begitu menguasai lini vital ini. Berulangkali mereka berdua sukses menahan serangan para pemain Persib. Bahkan dalam rebutan bola pun gelansdangan Persib Farrshad Noor dan Abdul Azis sering keteter.

Tampak, lewat kedua pemain ini, pemain depan Persija semkain leluasa mengobrak-abrik jantung pertahanan Persib. Hingga Persib tak mampu mencipatakan peluang emas yang benar-benar membahayakan gawang Andritany Adyaksa.

Memasuki babak kedua, Robert Rene Alberts mulai merombak pemain. Farshad Noor, Abdul Azis, Frets Butuan dan Febri Hariyadi ditarik keluar, diganti oleh Dedi Kusnandar, Beckham Putra Nugraha, Esteban Viscarra dan Ferdinan Sinaga.

Pergantian ini membawa hasil. Serangan dari Persib mulai hidup. beberapa kali menciuptakan peluang. Namun ketatnya pertahanan Persija yang dikawal eks Persib Maman Abdurachman dan Sucipto, skor tetap tak berubah 2-0 untuk Persib.

Dengan kemenangan ini, peluang Persija Jakarta untuk memperoleh Piala Menpora terbuka lebar pada pertandingan leg kedua di Solo nanti. Sebaliknya bagi Persib cukup berat. Jika Persib ingin menjuarai turnanen ini, setidaknya harus mencetak lebih dari dua gol dengan catatan tidak kemasukan. Berat memang, tetapi dalam sepak bola apapun bisa terjadi.**

Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Stadion Persib Siap Songsong Piala Dunia U-20
Persib Bandung Siap Ikut Serta Turnamen Piala Wali Kota Solo