Maung Bandung Kalah Lagi 0-2

Beban Berat, Persib Bandung Tak Berdaya Melawan Persija Jakarta

foto

istimewa

PERSIJA juarai Piala Menpora, Persib Juara kedua

SOLO,KejakimpolNews.com- Apa yang dikhawatirkan para bobotoh menjadi kenyataan. Persib tak mampu menundukan Persija Jakarta. Kekalahan 0-2 pada leg pertama final Piala Menpora di Stadion Maguwohardjo Sleman Yiogyakarta, menjadi misi yang berat bagi Maung Bandung. Bukannya unggul, jutsru kalah lagi dari lawan yang sama Persija Jakarta 1-2 pada final leg kedua di Stadion Manahan Solo Minggu (25/4/2021).

Tekad harus mencetak minimal 3 gol ke gawang Persija justru menjadi beban. Persija Jakarta dengan memasang taktik counter atack  dengan memperkuat pertahanan dan mengandalkan serangan balik, merupakan batu sandungan bagi Ezra Walian dan  Wander Luiz sebagai striker. Mereka tak mampu membuat peluang di depan gawang yang dijaga Andritany Adiyaksa.

Justru Persija yang menerapkan serangan balik, kerap merepotkan kubu Persib Bandung. Lini belakang yang dijaga Victor Igbonefo dan Achmad Juprianto sebagai center back, harus bekerja keras. begitu juga kubu Persib Bandung yang menurunkan jenderal lapangan tengah Dedi Kusnandar dan Bekham Putra Nugraha masih sering kalah dalam perebutan bola saat berhadapan dengan duet Marc Klok dan Rohit Chand.

Sudirman pelatih Persija dalam laga tersebut kembali menurunkan duet anak muda di lini depan, Tauifik Hidayat dan Braif Fatani.  Sedangkan sayap masih dikendalikan Osvaldo Haay dan Rico Simanjuntak, Keempat orang inilah yang sulit diantisipasi karena gerakan cepat yang dimiliki mereka.

Sepanjang babak pertama, nyaris tak ada peluang emas yang diciptakan Persib, sebaliknya  Persija mendapat beberapa peluang emas. Kerja keras pemain Persibpun memang dipertontonkan oleh Bayu Fiqri. Kengototan anak muda ini patut diacungi jempol.

Tapi sayang, saking kerasnya dia bermain, dua kali dia melakukan blunder di menit ke-5 dan menit 21 masing-masing mendapat kartu kuning karena bermain keras, yang berarti dia pun harus mandi lebih dahulu karena mendapat kartu merah. Main dengan 10 pemain, bagi Persib semakin sulit berkembang. Hingga akhirnya babak pertama usai skor masih 0-0.

Di babak kedua ada beberapa perubahan. Persib menarik Esteban dan Wander Luiz, dengan memasukan Adri Idrus dan Fedinand Alfred Sinaga. Hasilnya lumayan, Persib  mulai bisa menciptakan beberapa peluang.

Sayang malapetaka terjadi di menit 50 lewat serangan balik, Rico Simanjuntak berlari membawa bola ke kotak penalti, lalu mengirim umpan kepada Osvaldo Haay dari sektor kanan Persib. Dengan tembakan terukur Osvaldo mencohcor bola dan  skor berubah jadi 1-0 untuk kemenangan Persija Jakarta.

Persib makin tersengat. Mereka terus meningkatkan serangan. Hasilnya, lewat tendangan bebas menyusul ada pelanggaran di luar kotak penalti Persija, Ferdinand Sinaga berhasil mengubah skor jadi 1-1.

Serangan terus menggebu demi mengejar defisit gol. Namun lagi-lagi Persib yang asyik menyerang lupa pertahanan. Lewat serangan balik, Osvaldo Haay menyerbu ke kotak penalti lawan yang hanya meninggalkan seorang pemain belakang. Dengan umpan terarah kepada Rico Simanjuntak, bola pun ditendang dengan keras. Skor pun berubah jadi 2-1.

Dengan demikian kemenangan Persija semakin sempurna untuk meraih gelar Juara Piala Menpora 2021. Sedangkan Persib harus puas menjadi runner up dan mendapat hadiah uang Rp 1 miliar.

Persija Jakarta selain mendapatkan Piala Menpora, sebagai kampiun diapun mendapat hadiah uang Rp2 miliar. Sementara Marc Klok terpilih menjadi pemain terbaik.**  

Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Persib Bandung Siap Ikut Serta Turnamen Piala Wali Kota Solo
Stadion Persib Siap Songsong Piala Dunia U-20