Belum Terkalahkan

Persib Bandung bikin PSS Sleman Terkapar 4-2, Posisipun Naik ke Urutan 2

  • Gaiskha
  • Jumat, 22 Oktober 2021 | 22:17 WIB
foto

Foto: dok.kejakimpolnews.com

PERSIB Bandung saat latihan sebelum menghadapi PSS Sleman.

SOLO, KejakimpolNewsa.com - Persib Bandung tampil perkasa. Lumat lawannya PSS Sleman dengan angka telak 4-2 dalam laga ke-8 BRI Liga 1 2021-2022 di Stadion Manahan Solo Jumat (22/10/21). Kemenangan ini mengukuhkan tim Maung Bandung sebagai salah satu tim yang belum terkalahkan.

Tak hanya kemenangan, anak asuh Robert Rene Albert ini mengukuhkan diri di peringkat kedua klasemen sementara dengan poin 16 dari 8 kali pertandingan 4 kali menang dan 4 kali imbang.

Begitu kick off, Persib Bandung langsung menekan PSS, dan dengan permainan overan pendek satu dua. Persib mencoba mengurung pertahanan PSS. Mereka mencoba menarik pemain-pemain PSS untuk keluar dari garis pertahanannya. Sebaliknya PSS tak mau terpancing, mereka sepertinya mengandalkan serangan balik yang cepat.

Pertandingan berjalan sengit. Jual beli serangan mulai terjadi. Disini Persib tampil mendominasi dan mendapatkan beberapa peluang emas terutama leweat Frets Butuan yang dua kali on target namun tak juga mampu menjebol gawang PSS. Penyelesaian akhir sepertinya masih menjadi titik lemah Persib padahal peluang banyak.

Sebaliknya PSS bermain tanpa kompromi. Dan kesalahan fatal dibuat dibuat Mohammed Bassim Rashid yang lengah dalam menerima operan Nick Kuipers. Bola dimanfaatkan dengan baik oleh Irfan Jaya, selanjutnya PSS melancarkan serangan balik yang dimotori oleh Irfan Jaya.

Mantan penyerang Persebaya ini menembak langsung, bola mampu dihalau oleh Teja Paku Alam, tapi bola liar disambut Nemanja Kojic dan gol 1-0 untuk PSS. Kecolongan 1-0 Persib tersengat, PSS terus digempur, tapi penyelesaian akhir Persib yang masih jauh dari harapan membuat mereka gagal menyamakan kedudukan hingga babak pertama berakhir skor tetap 0-1.

Persib mengamuk

Tertinggal satu gol, pelatih Persib Robert Rene Alberts mengubah skema permainan Persib Bandung. Memasukkan dua penyerang Wander Luiz dan Geoffrey Castillion dua penyerang, Maung Bandung meningkatkan serangannya. Sementara PSS masih menerapkan pola serangan balik yang cepat mengandalkan Irfan Jaya.

Dan terbukti dengan serangan balik yang cepat membuat para penggawa Persib Bandung kocar-kacir saat mereka menguasai bola. Namun Persib tetap bersabar, mereka terus mengurung PSS dan upayanya berhasil. Pada menit ke-55 Frets Butuan yang dijatuhkan di dalam area terlarang memaksa PSS diganjar hukuman penalti.

Wander Luiz striker yang belum mencetak satu golpun akhirnya diberi kesempatan untuk unjuk kebolehannya. Dan pemain asal Brazil ini sukses menjadi algojo. Sepakan ke pojok kiri gawang PSS membuat Miswar Saputra terkecoh. Selang 2 menit kemudian, Persib menambah gol dari kepala Rashid memanfaatkan umpan matang Zalnando.

Tak lama kemudian, kembali Rashid  mencatatkan namanya di papan skor sekaligus mencetak brace di laga petang hari ini pada menit ke-61. Memanfaatkan umpan apik Geoffrey Castillion, Rashid yang ditempel pemain PSSi berhasil memperdaya Miswar lewat sontekannya di depan gawang PSS.

PSS semakin ambruk ketika di menit ke-81 umpan matang Marc Klok dari free kick mampu disundul Wander Luiz dengan kepalanya sekaligus menggenapi catatan brace miliknya. Papan skorpun berubah 4-1.

Namun PSS berhasil memperkecil ketertinggalan di menit ke-85. Blunder yang dilakukan Achmad Jupriyanto yang tak mampu memainkan bola, berhasil direbut Kojic, selanjutnya Kojic menyodorkan ke Irfan Jaya yang dengan dua kali tekukan, striker Timnnas ini sukses membungkam Teja Paku Alam. Kedudukan 4-2 hingga akhir perandingan tetap tak berubah.**

Susunan Pemain:

Persib Bandung (4-3-3) Teja Paku Alam; Henhen Herdiana, Achmad Jufriyanto, Nick Kuipers, Zalnando; Marc Klok, Dedi Kusnandar, Mohammed Bassim Rashid; Febri Hariyadi, Ezra Walian, Frets Butuan. Pelatih: Robert Rene Alberts.

PSS Sleman (4-2-3-1) Miswar Saputra; Bagus Nirwanto, Asyraq Gufron, Mario Maslac, Samsul Arifin; Misbakus Solikin, Kim Jeffrey Kurniawan; Irfan Jaya, Juninho, Irkham Zahrul Mila; Nemanja Kojic.**

Editor: Maman Suparman

Reporter: Gaiskha

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Memasukan Pemain yang Biasanya Cadangan di Menit Awal, Persib Sukses Lumat Persela 3-1
Persib Cukur Persiraja 4-0 Tapi Gagal Kudeta Bhayangkara dari Puncak