Ngulik #17: Bekerja dengan Teknologi AI Tingkatkan Produktivitas

  • Gaiskha
  • Jumat, 9 Agustus 2024 | 09:32 WIB
foto

Teknologi Artificial Intelligence (AI) mampu meningkatkan produksi.

BANDUNG, KejakimpolNews.com - Hadirnya teknologi menjadi lebih mudah dalam membantu kegiatan sehari-hari, termasuk pekerjaan. Salah satunya AI alias Artificial Intelligence.

AI merupakan teknologi yang dirancang untuk membuat sistem komputer mampu meniru kemampuan intelektual manusia.

AI memungkinkan komputer untuk belajar dari pengalaman, mengidentifikasi pola, membuat keputusan, dan menyelesaikan tugas-tugas kompleks dengan cepat dan efisien.

"AI ini menjadi salah - satu kebutuhan kita sekarang. Mulai dari pengelolaan data bisa setiap hari," kata Praktisi AI dan Transformasi Digital, Ahmad Nugraha Rahmat pada kegiatan Ngulik ke-17, Kamis, 8 Agustus 2024.

Ia mengungkapkan, manusia dan teknologi menjadi satu kesatuan, sehingga hadirnya AI akan memudahkan dalam bekerja. Hadirnya AI menjadi kesatuan antara dunia nyata dengan dunia maya.

Kendati demikian, ia mengingatkan penggunaan AI wajib untuk melakukan pengecekan.

"Dunia nyata combine (menggabungkan) dengan dunia maya. Ini bisa mempermudah kebutuhan kita, asalkan digunakan dengan baik dan benar," ujarnya.

Menurutnya, AI sangat mempermudah pekerjaan. Ssaat ini sudah berkembang berbagai jenis aplikasi untuk kebutuhan. Seperti notulensi, video, tulisan hingga kebutuhan presentasi.

"Mau video, kita cukup nulis saja. Videonya di-'generate' (hasilkan) oleh AI. Ada beberapa aplikasi sudah terkoneksi. Chat GPT, YouTube text hingga kebutuhan presentasi," ungkapnya.

Salah satu kemajuan di Kota Bandung soal kebutuhan teknologi yaitu hadirnya working space sebagai wadah untuk melakukan aktivitas.

"Banyak di Bandung cafe itu kombinasikan dengan co-working space, di bandara hingga stasiun. Jadi itulah yang sedang dan akan kita jalani," kata Ahmad.

"Work Hard saja saat ini tidak cukup, harus Work Smarter. Seperti layanan itu harus mudah, murah, cepat dan berkualitas ini esensi pelayanan publik," tegasnya.

Ia mencontohkan, dengan AI ke depannya akan lebih transparan dan cepat. Seperti layanan kepada masyarakat misalnya membutuhkan waktu berhari-hari dengan teknologi bisa dengan hitungan jam.

"Saat ini lebih terbuka. Pelayanan publik kalau lebih cepat dan lebih berkualitas. Dalam jangka waktu 3 jam jadi, 5 menit bisa selesai," ujarnya.

AI pun bisa memberikan keputusan yang lebih pintar. Hal ini untuk menganalisis data dalam jumlah besar dengan lebih cepat daripada yang bisa dilakukan oleh manusia.

"Platform AI dapat melihat tren, menganalisis data, dan memberikan panduan. Dengan prakiraan data, AI dapat membantu menyarankan tindakan terbaik untuk masa depan," tuturnya.**

Author: Gaiskha
Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya